• Home
  • Advertorial
  • Pemkab Rohil Prioritaskan Tenaga Pendidik dan Kesehatan di Daerah Terluar
Senin, 16 Oktober 2017 | 13:06:18

Pemkab Rohil Prioritaskan Tenaga Pendidik dan Kesehatan di Daerah Terluar

Rohil, Pesisirnews.com - Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil ) menjadi perhatian Pemerintah pusat dalam mengelola pendidikan dan kesehatan kepada masyarakat di daerah terluar kepulauan. 

Hal itu terbukti dengan program Tim Medis Pendamping Kesehatan Nusantara dari 12 Kabupaten dan Kota Se-Provinsi Riau, Rokan Hilir dipilih pusat mendapatkan jatah, tujuh Petugas Tenaga Medis Nusantara Indonesia. 

Program kementerian kesehatan untuk tenaga penempatan di daerah perdesaan dan kepulauan terpencil, bertujuan memberikan pelayanan kesehatan terbaik dimasyarakat. 

Penerimaan tujuh tenaga pendampingi tim Medis kesehatan Perwakilan Pemkab Rohil diterima langsung wakil Bupati Rohil Drs. Jamiludin, belum lama ini. 

Bantuan tenaga kesehatan merupakan program Nusantara dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (RI) itu berdasarkan perjanjian dengan Kementerian kesehatan RI di Hotel, Kuningan Jakarta. 
Foto

Perjanjian Pemkab Rohil dipercayai mendapat jatah 7 tenaga sebagai pendukung tenaga kesehatan yang akan disebarkan daerah-daerah pulau terluar  yang membidangi tenaga medis. 

Tenaga medis pendamping Program Nusantara Indonesia sebagai berikut :
1.Tenaga Dokter
2.Tenaga Medis Bidan
3.Tenaga Medis Perawat
4.Tenaga Medis Kesehatan Masyarakat
5.Tenaga Medis Kesehatan lingkungan
6.Tenaga Medis Gizi
7.Tenaga Medis Gizi Farmasi.

Pelayanan kesehatan berbasis tim ini, bertugas membantu puskesmas dalam memberi pelayanan kepada masyarakat. Untuk seluruh Indonesia terdapat 40 Tim yang tersebar dibeberapa kabupaten Se-Indonesia dan untuk Provinsi Riau hanya Kabupaten Rohil yang mendapatkan jatah tenaga medis pendamping. 

Turut menyaksikan penanda tanganan perjanjian dengan Kementerian Kesehatan Pusat, Kadiskes Hj Dahniar, Mkes, Sekretaris Dinkes Provinsi Riau Dr Riswaldi Munir, Spko, Kabid Yankes H.Ahmad, S.sos MH, Kapuskesmas Pasir Limau Kapas, dr Hj Netty Juliana, Kasubag Humas Hasnul Yamin, SE, Msi.

Wakil Bupati Rohil, Drs Jamiludin Menyampaikan Program Nusantara sehat ini merupakan penugasan khusus bagi tenaga kesehatan berbasis tim untuk memberi  Pelayanan kesehatan didaerah-daerah tertinggal seperti halnya diperbatasan dan daerah-daerah kepulauan.
Foto

Dengan program memperkuat dan memberi pelayanan kesehatan didaerah yang agak sulit terjangkau ini supaya permudah kemeratan pelayanan medis kesehatan, juga agar mudahnya pendistribusian tenaga kesehatan dengan penunjangan fasilitas sarana dan prasarana memadai saat ini.

Selain itu Pemkab Rohil juga mendapatkan jatah Guru Garis Depan (GGD), yang tersebar di setiap daerah. Berdasarkan Surat Keputusan (SK) 53 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) GGD berasal dari beberapa daerah, seperti, Aceh, Medan, Padang dan Riau yang ditempat untuk ditugaskan diwilayah kabupaten Rohil sebagai GGD. 

SK CPNS Guru Baris Depan Diserahkan Wakil Bupati di kantor Dinas Pendidikan Rohil Lantai II Batu Jumaat, 22/9/2017 kemarin. 

Berjumlah 53  GGD disebarkan tugaskan diberbagai kecamatan diantaranya, Pujud, Pasir Limau Kapas (Palika) Kubu, Kubu Babusalam (Kuba), Sinaboi dan Tanah Putih Tanjung Melawan. 

Dengan jumlah guru 111 dialihan wewenang pendidikan dasar (SD) dan Sekolah Menegah Pertama (SMP) menjadi wewenang kabupaten Rokan Hilir, sesuai UU 23 Tahun 2014 tentang pemerintah daerah.
Foto

Kendati menyadari bahwa sampai dengan saat ini profesi Pegawai Negeri Sipil tetap menjadi pilihan utama sebagian besar masyarakat salah satu alasan yaitu PNS mempunyai gaji yang tetap, kondisi ini membuat persaingan menjadi PNS semakin ketat.

"Kita menyadari bahwa sampai dengan saat ini profesi PNS tetap menjadi pilihan utama masyarakat karena mempunyai gaji yang tetap, kondisi ini membuat persaingan untuk menjadi PNS semakin ketat, " kata Wabup

Lanjut Wabup Rohil, PNS GGD supaya dapat menjalankan amanah ini dengan sebaik- baik mungkin, karena seorang guru merupakan ujung tombak daerah dalam memperkaya ilmu yang sangat dibutuhkan dan mempunyai tanggung jawab besar kepada anak didiknya.

Selain itu juga, sebagai ujung tombak harapan pemerintah daerah agar bisa meningkatankan dan memajukan dunia pendidikan guna mensukseskan kemajuan daerah-daerah terpencil dan terluar.

"Tingkatkan pengetahuan, wawasan, keperibadian, dan etika sebagai guru memang melekat di diri saudara-saudari, karena suatu keberhasilan sangat tergantung pada kemauan dan kemampuan seorang guru dalam mengoptimalkan tugas-tugas yang diberikan dalam pendidikan terbaik kepada siswa-siswi didaerah terpencil," pungkasnya.(rd/sn)

Advetorial Pemkab Rohil


BERITA LAINNYA
Sekda Inhil : Olahraga Suatu Kebutuhan Dalam Kehidupan
Selasa, 19 September 2017 | 14:39:48
Bupati Inhil Narasumber Diskusi Nasional Tentang Kelapa
Jumat, 15 September 2017 | 09:43:29
Field Trip, Bupati Inhil Dan Delegasi APCC
Senin, 11 September 2017 | 16:43:35
Bupati Inhil Bersama Panwaslu Inhil Tandatangani NPHD
Rabu, 6 September 2017 | 11:57:28
BERIKAN KOMENTAR