• Home
  • Bengkalis
  • Bupati Amril Mukminin Jadi Irup, Upacara HUT ke-73 RI tahun 2018 di Bengkalis Hikmat dan Sukses
Jumat, 17 Agustus 2018 | 14:50:40

Bupati Amril Mukminin Jadi Irup, Upacara HUT ke-73 RI tahun 2018 di Bengkalis Hikmat dan Sukses

Bengkalis, Pesisirnews.com – Upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia (RI) tingkat Kabupaten Bengkalis tahun 2018, Jum'at, 17 Agustus 2018, berlangsung khidmat dan sukses.

Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Kemerdekaan RI yang dipusatkan di lapangan Tugu Bengkalis tersebut, dipimpin langsung oleh Bupati Amril Mukminin selaku inspektur upacara.

Bupati Amril bersama dan rombongan tiba di tribun utama tepat pukul 09.50 WIB. Dua menit kemudian, sebagai perwira upacara Kompol Yulisman (Kabag Ops Polres Bengkalis) melapor kepada Bupati Amril, bahwa upacara siap dimulai.

Kurang lebih semenit setelah itu, disusul laporan serupa dari AKP Yanu Rihardi (Kasat Intelkam Polres Bengkalis) selaku komandan upacara.

Tepat pukul 10.00 WIB, sirene dibunyikan selama satu menit, pertanda peringatan detik-detik Proklamasi dimulai. Acara dilanjutkan dengan pembacaan naskah Proklamasi oleh Wakil Ketua DPRD Bengkalis dari Partai Golongan Karya, H Indra Gunawan Eet.

Sekitar pukul 10.15 WIB dengan disaksikan ribuan pasang mata, Pasukan Pengibar Bendara (Paskibra) Merah Putih yang dipimpin Serma Mes Suparjo (KKM Patkamla Combat), memasuki lapangan upacara dan berhenti di depan tribun utama.

Kemudian, pada pukul 10.20 WIB, selaku inspektur upacara, Bupati Amril menyerahkan bendera Merah Merah Putih kepada Indah Septi Roza (buah hati pasangan Azwar Maisyara) untuk dikibarkan. Pelajar SMA Negeri 3 Bengkalis ini pada saat upacara pengibaran bendera bertugas sebagai pembawa baki.

Sekitar 10 menit kemudian dan berjalan sukses, Sang Dwi Warna berkibar di tiang bendera putih yang berada pas di tengah lapangan Tugu.

Bertindak selaku pengibar bendera adalah Sigit Prasetyo (Ribut Ahmad Salim dan Rustini) dari SMA Negeri 1 Bukit Batu.

Sementara Putra Dwi Handoko (Ngatemen dan Khairani) dari SMA Negeri 1 Rupat Utara dan Muhammad Zulkifli (Rusli Ahmad dan Nurhayati) dari SMA Negeri 1 Rupat, masing-masing sebagai pengulur dan pengerek bendera.

Adapun anggota Paskibra yang bertindak sebagai pengantar bendera adalah Maisya Melani (Defari dan Ratmawati) dari SMA Negeri 4 Mandau, Miranti Jauzan (Fahmi dan Kartini) dari SMA Negeri 1 Bukit Batu, dan Desa Nathasya (Alm P Sitorus dan N LBN Toruan) dari SMA Swasta Santo Yosep Pinggir.

Setelah Danki Paskibra, Serda Mess Suparjo melapor ke inspektur upacara bahwa penaikan bendera merah putih selesai, sekitar pukul 10.30 WIB, ke-75 orang anggota Paskibra yang bertugas, meninggalkan lapangan Tugu Bengkalis menuju Gedung Daerah Datuk Laksamana Raja Dilaut.

Sebagaimana juga ke-75 anggota Paskibra, Bupati Amril juga merasa bahagia bahwa upacara penaikan bendera sempena upacara HUT ke-73 RI tingkat Kabupaten Bengkalis tahun berlangsung sukses.

Atas suksesnya seluruh rangkaian upacara penaikan bendera, Bupati Amril tak lupa mengucapkan terima kasih. Terkhusus kepada seluruh anggota Paskibra.

"Terima kasih banyak. Semoga saat upacara penurunan bendera nanti sore, juga berlangsung sukses," ujar Bupati Amril sebelum meninggalkan lapangan upacara.

Turut hadir pada upacara yang berakhir sekitar pukul 10.45 WIB tersebut, Kapolres Bengkalis Yusuf Rahmanto, Kepala Kejari Bengkalis Heru Winoto, Ketua Pengadilan Negeri Bengkalis Sutarno, Sekretaris Daerah H Bustami HY, Ketua TP PKK Bengkalis Kasmarni, para tokoh masyarakat, orang tua dan keluarga anggota Paskibra dan tamu undangan lainnya.

Sedangkan Dandim 0303/Bengkalis Letkol (Inf) Timmy Prasetyo Harmianto tidak terlihat. Beliau diwakili Pelaksana Tugas Kasdim 0303/Bengkalis yang juga Koramil 01/Bengkalis, Mayor Irwan.

Dandim 0303/Bengkalis tak bisa mengikuti upacara tersebut dikarenakan kondisi kesehatannya sejak beberapa hari lalu menurun. Sehabis upacara ini, Bupati Amril akan menjenguk Dandim 0303/Bengkalis di rumah dinasnya di jalan Pertanian Bengkalis.

Selain Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemkab Bengkalis dan anggota  TNI/Polri, upacara tersebut juga diikuti kurang lebih 1.000 pelajar, mahasiswa, organisasi kepemudaan, organisasi kemasyarakatan dan para perwakilan paguyuban se-Kabupaten Bengkalis.

Sesuai tema yang diusung, yaitu 'Kerja Kita Prestasi Bangsa', Bupati Amril mengajak seluruh warganya untuk menjadikan peringatan HUT Ke-73 Kemerdekaan RI sebagai momentum untuk meningkatkan prestasi kerja. Karena apapun prestasi kerja setiap warga negera Indonesia, katanya, akan berkontribusi pada prestasi bangsa.

Mantan Kepala Desa Muara Basung Kecamatan Pinggir ini, juga mengaja warganya menjadikan peringatan HUT ke-73 RI ini sebagai momentum untuk menjaga dan meningkatkan semangat kebersamaan, toleransi, kesetiakawanan, serta memantapkan sinergitas kerja, karya dan usaha untuk mengisi kemerdekaan. Mengukir sejarah baru yang terus berubah maju.

Bupati Amril juga mengajak seluruh warganya menjadikan peringatan HUT ke-73 RI tahun 2018 ini dijadikan momentum untuk semakin meningkatkan persatuan dan kesatuan tanpa melihat perbedaan suku, agama dan warna kulit serta senantiasa hidup rukun dan damai dalam kebhinekaan.

"Mari buang jauh-jauh segala ujaran kebencian, hoax dan isu radikalisme dan terosirme yang sering dihembuskan oleh oknum pemecah belah bangsa. Mari bersatu padu membangun Kabupaten Bengkalis, Negeri Junjungan yang sama-sama kita cintai ini," ajaknya (Budi)


BERITA LAINNYA
Panitia Pilkades Parit Kebumen Tetapkan 2 Calon Kades
Selasa, 21 Agustus 2018 | 20:21:24
Kompak Warga Desa Langkat Peringati HUT RI ke 73
Senin, 20 Agustus 2018 | 21:20:40
PT BOB Jangan Adu Domba Warga
Selasa, 14 Agustus 2018 | 20:09:59
BERIKAN KOMENTAR