• Home
  • Ekbis
  • Gagasan besar sang Visioner DR H Firdaus ST MT tentang Aero City.
Kamis, 15 Maret 2018 | 20:52:14

Gagasan besar sang Visioner DR H Firdaus ST MT tentang Aero City.

PEKANBARU-Gagasan besar kerap muncul dari pemikiran DR Firdaus MT. Walikota Pekanbaru yang sekarang cuti tersebut seakan tak pernah berhenti memikirkan terobosan demi terobosan, untuk memajukan Riau. 

Salah satu konsep pembangunan yang getol diperjuangkan Firdaus sejak beberapa tahun terakhir adalah membangun kawasan bandara perkotaan atau dikenal dengan istilah Aero City.

Ditemui di Pekanbaru, Kamis (15/3/2018), Firdaus menjelaskan, keberadaan Aero City di Riau diyakini akan memberikan dampak ekonomi yang sangat bagus bagi daerah ini, tidak hanya bagi sejumlah kabupaten kota yang menjadi bagian dari kawasan Aero City, tapi juga bagi masyarakat Riau secara keseluruhan.

"Kalau kita melihat data penumpang bandara dan jumlah penerbangan di Bandara Sultan Syarif Kasim II dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. Berdasarkan pengkajian jumlah penumpang dari Angkasa Pura II SSK II tahun 2020 yang mencapai 6 juta pertahun. Jadi sudah terlalu over. Apalagi 2025 diprediksi 9,5 juta dan 2030 mencapai 16 juta penumpang akan memadati bandara. Sayangnya, kondisi Bandara SSK II sekarang sulit untuk dikembangkan, karena terbatasnya areal," ujar Doktor bidang ilmu pemerintahan ini.

Untuk mewujudkan kawasan Aero City ini, Firdaus mengaku sudah menjajakinya dengan pihak PT Angkasa Pura bersama Pemprov Riau. Angkasa Pura sendiri merespon usulan yang disampaikannya dan menyatakan mendukung rencana besar tersebut.

"Memang saat ini rencana tersebut masih terkendala masalah koordinasi, namun saya yakin masalah ini dapat diatasi, apalagi jika saya dan Pak Rusli Effendi diberi amanah oleh masyarakat menjadi Gubernur Riau dan Wakil Gubernur Riau, maka cita-cita besar ini akan kita wujudkan," ujar Firdaus optimis.

Rencananya pembangunan kawasan Aero City itu akan dilakukan di kawasan Pekansikawan, yakni berada di kawasan perbatasan Siak, Kampar, maupun Pelalawan. Firdaus optimis dengan aero city tersebut akan memancing pengunjung, baik lokal dan mancanegara datang ke daerah Pekansikawan.

Kampar dan Siak punya lokasi wisata, begitu juga dengan Pelalawan. Sementara Pekanbaru memiliki prasarana hotel.  "Jadi kita akan buat paket wisata yang akan bekerja sama dengan jasa travel wisata untuk berkunjung ke Pekansikawan. Sehingga masyarakat kita dapat mengambil keuntungan dan peningkatan perekonomian," ujar Cagubri nomor urut tiga tersebut. (rls)


BERITA LAINNYA
Waduh! Utang Indonesia Naik Lagi
Rabu, 16 Mei 2018 | 08:45:07
BERIKAN KOMENTAR