• Home
  • Ekbis
  • Jelang Pelantikan, PWI Meranti Tanam 4.000 Bibit Mangrove di Pantai Desa Mekong
Jumat, 12 Mei 2017 | 15:08:00

Jelang Pelantikan, PWI Meranti Tanam 4.000 Bibit Mangrove di Pantai Desa Mekong

Kepala SLB Sekar Meranti Syafrizal.
SELATPANJANG - Jelang pelantikan, pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Kepulauan Meranti periode 2017-2020 akan melakukan penanaman 4.000 bibit mangrove di Desa Mekong. Upaya penyelamatan pulau ini bekerjasama dengan pihak SLB Sekar Meranti, Laser Meranti, Kecamatan Tebingtinggi Barat, dan Desa Mekong.

Penanaman itu dijadwalkan sehari sebelum pelantikan atau tepat tanggal 15 Mei 2017. "Kita dibantu bibit dari pihak SLB Sekar Meranti," kata Ketua PWI Kepulauan Meranti Ahmad Yuliar SIKom, Kamis (11/5/2017) kemarin.

Kata Ahmad Yuliar, dipilihnya Desa Mekong sebagai lokasi penanaman karena di sana merupakan titik terparah abrasi Pulau Tebingtinggi. Desa Mekong juga terletak tepat di depan Selat Melaka. Dimana, pada musim-musim tertentu ombak begitu besar, dan telah merobohkan turap.

"Di Desa Mekong terjadi abrasi yang memperihatinkan. Ini salah satu upaya penyelamatan pulau. Kita harap kedepannya pihak-pihak terkait memiliki program serupa, tentu dengan jumlah bibit yang lebih banyak," ujar Amek.

Di tempat terpisah, Kepala SLB Sekar Meranti Syafrizal mengaku telah melihat langsung pantai di Desa Mekong. Ia optimis bibit mangrove jenis api-api yang rentan mati itu bisa bertahan. Sebab, saat ini belum masuk musim gelombang besar. "Sama-sama kita berusaha untuk menyelamatkan pulau dari abrasi," kata Syafrizal.

Bibit yang disumbangkan Syafrizal ini merupakan program pembibitan di SLB Sekar Meranti.

Sebelumnya, sambutan positif diberikan oleh Camat Tebingtinggi Barat Helfandi. Laki-laki berkacamata itu pun bersedia turun langsung untuk bersama-sama menaman mangrove di Desa Mekong.

"Ini upaya kita bersama, semoga mangrove yang ditanam bisa hidup dan memberikan dampak bagus bagi daerah. Kami dari pihak kecamatan siap berpartisipasi," ujar Helfandi.

Dalam penanaman ini, pengurus dan simpatisan PWI Meranti bekerjasama dengan pihak SLB Sekar Meranti Anak Setatah Rangsang Barat. Kemudian melibatkan pihak Kecamatan Tebingtinggi Barat, pihak Desa Mekong, BPBD Meranti, dan Laser Kepulauan Meranti. Usai penanaman mangrove, pengurus PWI Kepulauan Meranti periode 2017 - 2020 akan dilantik pada tanggal 16 Mei 2017 di Taman Cikpuan Selatpanjang. (***)


BERITA LAINNYA
Ekspor Timah September 2017 Mencapai Hingga 166.6 Ton
Selasa, 7 November 2017 | 10:36:24
Pabrik Kertas RAPP rumahkan 4600 karyawan
Kamis, 19 Oktober 2017 | 23:11:48
Harga Cabai Anjlok, Ini Tanggapan Kementan
Rabu, 20 September 2017 | 17:13:22
BERIKAN KOMENTAR