• Home
  • Kampar
  • Wabub Kampar Buka Sosialisasi HIV Aids Bagi Tenaga Kesehatan Kabupaten Kampar
Selasa, 14 Agustus 2018 | 11:34:16

Wabub Kampar Buka Sosialisasi HIV Aids Bagi Tenaga Kesehatan Kabupaten Kampar

Kampar, Pesisirnews.com - Usai memperingati Hari Pramuka ke-57 Bupati Kampar Azis Zaenal yang diwakili Wakil Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto membuka acara Sosialisasi HIV dan Aids Bagi Tenaga Kerja di kabupaten Kampar, dalam sambutannya Catur Sugeng Susanto mengajak Tenaga Kesehatan untuk menjadi inisiator atau sebagai ujung tombak dalam upaya pencegahan HIV dan AIDS di Kabupaten Kampar.

Penyebaran HIV & AIDS bukan semata-mata masalah kesehatan tetapi mempunyai implikasi Politik. Ekonomi, Sosial, Agama dan Hukum bahkan dampak secara nyata. cepat atau lambat, menyentuh hampir semua aspek kehidupan manusia. Hal ini mengancam upaya bangsa untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia. 

Demikian dikatakan Catur Sugeng Susanto ketika membuka acara Sosialisasi HIV Dan Aids Bagi Tenaga Kesehatan Kabupaten Kampar di Hotel Bangkinang Baru Kecamatan Bangkinang Kota. Selasa (14/8/2018).

Catur Sugeng Susanto juga menyambut baik pelaksanaan kegiatan Sosialisasi penularan. pencegahan. bahaya dan penanggulangan HIV dan AIDS bagi Tenaga Kesehatan Kampar tahun 2018.

"Jadilah motivator dalam menanggulangi HIV dan AIDS untuk diri sendiri sebagai petugas medis maupun penyebaran informasi HIV dan AIDS kepada Masyarakat" ucap Catur Sugeng. 

Dirinya juga mengaharapkan Dinas Kesehatan bersungguh-sungguh mengupayakan terwujudnya suatu semangat yang tinggi, kerja sama yang baik dalam menaggulangi kasus HIV dan AIDS di Kabupaten Kampar ini. 

Selain itu dalam sambutannya Catur Sugeng menambahkan tersebarnya penyakit AIDS di Kabupaten Kampar merupakan tantangan bagi pemerintah dan tenaga kesehatan serta masyarakat dan diperlukan peningkatan penanggulangan dari Pemerintah Kabupaten Kampar dan tenaga kesehatan serta masyarakat dalam menanggulangi kasus HIV dan AIDS ini. 

Catur Sugeng juga berpesan dalam mengantisipasi perkembangan kasus HIV dan AIDS ini diperlukan benteng diri dengan mendekatkan diri kepada Allah SWT, dengan dengan izin Allah kita akan menjadi orang-orang yang mempunyai pikiran-pikiran yang positif. yang pada akhirnya akan terhindar dari HIV dan AIDS. 

Sementara itu Ketua Komisi Penanggulangan AIDS Kabupaten Kampar Idris Hasan, M.Pd melalui laporan penitia mengatakan kegiatan ini merupakan upaya-upaya diharapkan dapat meminimalisir berkembangnya kasus HIV dan AIDS di Kabupaten Kampar .

"Diharapkan juga melalui kegiatan ini akan adanya proses kesadaran bersama tentang pentingnya pencegahan HIV dan AIDS". Ungkap Idris Hasan.

Disamping itu Idris Hasan juga menambahkan kegiatan ini sebagai langkah nyata mewujudkan kepedulian kita dalam pencegahan HIV dan AIDS di Kabupaten Kampar. Dirinya juga mengajak untuk bersatu padu melakukan upaya pencegahan HIV dan AIDS. 

Idris Hasan juga memaparkan Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Provinsi Riau data kasus penderita AIDS s/d Juli 2018 di Kabupaten Kampar sebesar 60 kasus sedangkan data Kasus penderita HIV sebesar 75 kasus, jika mengacu Kepada teori epidemi bagi HIV dan AIDS. 1 berbanding 100. 

Dengan demikian jumlah kasus HIV dan AIDS di Kabupaten Kampar sama dengan 13.500 orang. upaya untuk melindungi penduduk dari bahayanya HIV dan AIDS perlu ditingkatkan. Pemerintah Kabupaten Kampar telah melakukan berbagai upaya untuk melindungi penduduk dari bahayanya HIV dan AIDS khususnya penduduk remaja hingga dewasa yang rentan akan HIV dan AIDS pungkas Idris Hasan. 

Sosialisasi ini menghadirkan Nara sumber dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar yakni Dr. H. Wira Dharma serta diikuti 100 orang peserta tenaga kesehatan dari perwakilan masing-masing Puskesmas yang ada di Kabupaten Kampar. (Hms/am).



BERITA LAINNYA
Pemkab Kampar raih Juara I Riau Expo 2018
Sabtu, 10 November 2018 | 13:14:54
BERIKAN KOMENTAR