• Home
  • Kampar
  • Ir.Azwan M.Si Kepala Bappeda Kampar buka sosialisasi peran serta masyarakat dalam penataan ruang daerah
Kamis, 13 Juli 2017 | 11:51:50

Ir.Azwan M.Si Kepala Bappeda Kampar buka sosialisasi peran serta masyarakat dalam penataan ruang daerah



KAMPAR.Pesisirnews.com.-Bertempat di Aula Kantor Bappeda Kab.Kampar Ir.Azwan M.Si membuka Acara Sosialisasi tahap 1 pengenalan peran serta masyarakat dalam penataan ruang daerah.Kamis 13 Juli 2017.
Acara sosialisasi itu di ikuti oleh  perwakiilan OPD kampar,Camat,LSM,Nenek mamak serta perwakilan masyarakat.
Dalam sambutannya Azwan menyampaikan pentingnya peran serta masyarakat dalam pengenalan tersebut.

Mengapa demikian ? sebab perencanaan tata ruang dilakukan dengan mempertimbangkan azaz keserasian, keselarasan dan keseimbangan fungsi budi daya dan fungsi lindung, dimensi waktu, teknologi, sosial budaya, serta fungsi pertahanan keamanan; aspek pengelolaan secara terpadu berbagai sumber daya, fungsi dan estetika lingkungan, serta kualitas ruang. Perencanaan tata ruang juga mencakup perencanaan struktur dan pola pemanfaatan ruang, yang meliputi tata guna tanah, tata guna air, tata guna udara dan tata guna sumber daya alam lainnya.jelasnya.

Salah satu bentuk tata ruang  Wilayah Kabupaten/Kota, secara detail (rinci) berisikan tentang; pengelolaan kawasan lindung dan kawasan budidaya; pengelolaan kawasan perdesaan, kawasan perkotaan dan kawasan tertentu,  sistem kegiatan pembangunan dan sistem permukiman perdesaan dan perkotaan; sistem prasarana transportasi, telekomunikasi, energi, pengairan, dan prasarana pengelolaan lingkungan; penatagunaan tanah, penatagunaan air, penatagunaan sumber daya alam lainnya, serta memperhatikan keterpaduan dengan sumber daya manusia dan sumber daya buatan. 

seharusnya menjadi pedoman untuk penetapan lokasi investasi serta menjadi dasar untuk penerbitan perizinan lokasi pembangunan yang dilaksanakan pemerintah dan atau masyarakat di kabupaten atau di kota tersebut.ungkapnya.

Selanjutnya Azwan mengakui bahwa triliunan rupiah uang dalam bentuk  investasi tidak dapat di raih karena RT/RW belum tuntas.

Azwan berharap pengesahan tata ruang tersebut bisa di sahkan provinsi Riau ahir Desember nanti,tutupnya(AM).


BERITA LAINNYA
Akhir 2017 Kampar Akan Capai Target 5000 LTT
Kamis, 7 September 2017 | 20:33:34
Enam Nama Calon Sekda Kampar Lulus Tahapan Administrasi
Senin, 4 September 2017 | 23:30:32
BERIKAN KOMENTAR