• Home
  • Kepri
  • Dalam Sehari Disdukcapil Batam Layani 300 Pengurusan Akta Kelahiran
Rabu, 16 Agustus 2017 | 14:42:18

Dalam Sehari Disdukcapil Batam Layani 300 Pengurusan Akta Kelahiran

Aspyendra
Batam, Pesisirnews.com - Dalam satu hari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcpil) Kota Batam, di Sekupang menerima pengurusan akte hingga 300 orang,  dan terus mengalami lonjakan. 

Jumlah ini   terbilang  tinggi untuk  pengurusan akte di Disdukcapil kota Batam. Hal ini membuat antrian panjang kerap terjadi di ruangan akte, bahkan ruangan yang  sempit kerap terjadi berdesak-desakan antara masarakat. 

"Satu hari 150 orang yang ngurus, akte kelahiran, kematian, dan pernikahan," kata mantan lurah ini Kabid pencatatan sipil Disdukcapil, Gita Malinda selasa di ruang kerjanya Rabu (16/8/2017) 

Gita menjelaskan, pengurusan akte saat ini memang semakin meningkat dimana jumlah penduduk kota Batam semakin bertambah. Khususnya dalam pengerusan akte kelahiran anak.

"Akte lahir itu satu hari 150 orang yang mengurus, sisanya pengurusan akte kematian dan catatan pernikahan," ujarnya.

Ia mengakui kepengurusan akte saat ini memang sangat banyak yang dilayani. Sehingga saat ini Disdukcapil masih mencoba menjalin kerja sama beberapa rumah sakit untuk melakukan terobosan dalam pengurusan akte yang mudah.

"Saat ini masih Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Embung Fatimah  yang sudah melakukan kerjasama sudah hampir dua tahun dan mengeluarkan akte lahir dirumah sakit," tuturnya. 

Dan pihak Disdukcapil juga akan melakukan kerjasama dengan tiga  rumah sakit yang ada di kota batam.(rd/aspyendra)


BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR