• Home
  • Kesehatan
  • Hati hati, Serangan Telinga Berdengung yang Disertai Vertigo
Selasa, 20 Januari 2015 | 23:45:25

Hati hati, Serangan Telinga Berdengung yang Disertai Vertigo


PESISIRNEWS.com - Apakah Anda pernah mengalami sebelah telinga berdengung disertai dengan tekanan dalam telinga? Barangkali Anda sedang terserang penyakit Meniere atau salah satu gangguan yang terjadi pada telinga bagian yang menyebabkan kemampuan pendengaran hilang dan merasakan bising di sekeliling. Penyakit ini banyak menyerang mereka yang berusia antara 40-50 tahun, kendati begitu tak tertutup kemungkinan dialami oleh siapapun termasuk anak-anak.
Komplikasi

Seperti dilansir dari Mayoclinic.org, penderita penyakit Meniere akan merasakan gejala-gejala serupa pada penyakit vertigo atau pusing pada bagian kepala. Saat mengalami hal ini seseorang terpaksa harus berbaring dan berhenti melakukan aktivitas, dan bahkan mereka akan mengalami stres.

Penyakit Meniere yang disertai vertigo ini biasanya akan menyebabkan penderita:

- Terjatuh akibat hilangnya keseimbangan tubuh

- Mengalami masalah fatal saat mengemudi atau mengerjakan hal-hal yang berat

- Meningkatkan depresi dan kecemasan, serta

- Gangguan pendengaran permanen

Pengobatan khusus penyakit Meniere

1. Bagi penderita penyakit Meniere yang disertai dengan vertigo dengan mual dan muntah, penderita dapat meminum obat pereda mual. Sedang bagi mereka yang sudah muntah parah, disarankan untuk segera dirujuk ke rumah sakit untuk mencegah dehidrasi yang akan ditimbulkan.

2. Bagi penderita Meniere disertai dengan radang telinga bagian dalam, disarankan untuk mendapatkan suntukan steroid secara bertahap untuk mengurangi pembengkakan dan peradangan pada telinga bagian dalam.

3. Untuk gangguan pedengaran, penderita Meniere disarankan untuk memasang alat bantu pendengaran. Untuk telinga berdengung (tinitus) pasien disarankan menggunakan telinga busi dan menghindari suara keras di sekitarnya.

4. Untuk dampak penyakit Meniere yang paling parah adalah hilangnya pendengaran secara permanen. Dan solusi terbaik yang dapat membantu penderita untuk mengembalikan pendengarannya adalah dengan operasi untuk memotong saraf vestibular yang menghubungkan sensor keseimbangan dan gerakan dalam telinga bagian dalam ke otak (saraf vestibular).  Langkah ini bisa memperbaiki gangguan pendengaran akibat vertigo.

Perawatan juga dapat membantu Anda menangkal serangan penyakit Meniere. Dimulai dengan menerapkan gaya hidup sehat seperti menghindari  rokok, makan teratur, dan belajar mengelola stres dan kecemasan.  

Sumber : Mayoclinic.org/jawaban.com/ls


BERITA LAINNYA
Makan super untuk Otak,ini makanannya
Senin, 15 Oktober 2018 | 09:28:27
Hari Kanker se-Dunia: Hidup Sehat dan Deteksi Dini
Kamis, 5 Februari 2015 | 17:00:22
Usir Sakit Kepala dengan Mandi Air Hangat
Jumat, 30 Januari 2015 | 13:39:20
Sayuran pun Bisa Sebabkan Asam Urat!
Senin, 26 Januari 2015 | 18:33:45
13 Bahan Dapur yang Ampuh Redakan Darah Tinggi
Jumat, 23 Januari 2015 | 22:47:42
Minum Air Putih pada Anak Mencegah Obesitas
Jumat, 23 Januari 2015 | 22:33:42
Perokok Diharapkan Tetap Dapat BPJS Kesehatan
Rabu, 21 Januari 2015 | 16:56:52
Nonton TV dan Kanker Ada Kaitannya Lho!
Kamis, 15 Januari 2015 | 23:25:26
BERIKAN KOMENTAR