Jumat, 23 Januari 2015 | 22:47:42

13 Bahan Dapur yang Ampuh Redakan Darah Tinggi


Darah tinggi atau hipertensi menjadi ancaman bagi kesehatan jantung. Sebab, arteri yang mengalami penyempitan akan menyebabkan terhambatnya darah mengalir ke seluruh tubuh. Itu sebabnya penting bagi Anda mengetahui cara pengobatan terbaiknya bila sewaktu-waktu kambuh.
Berikut 13 bahan dapur yang ampuh redakan darah tinggi Anda, seperti dilansir Boldsky.com:

#1 Bawang Putih

Bawang putih adalah salah satu bahan dapur yang ampuh meredakan tekanan darah tinggi. Anda dapat memakannya baik dalam bentuk mentah atau menggunakannya sebagai bumbu masakan. Namun akan lebih berkhasiat ketika bawang putih dihancurkan dan dimakan mentah-mentah.

#2 Air Kelapa

 Air kelapa membantu menjaga tekanan darah tinggi. Studi menemukan bahwa kandungan magnesium, kalium dan vitamin C dalam air kelapa mampu meredakan tekanan darah tinggi.

#3 Pisang

Jika Anda menderita tekanan darah tinggi, obat terbaik adalah memakan pisang secara teratur. Kandungan kalium pisang yang tinggi mebantu mengendalikan peningkatan natrium penyebab tekanan darah dalam tubuh.

#4 Jus Jeruk

Tekanan darah tinggi akan sangat baik ditangani dengan mengkonsumsi jus jeruk setiap hari. Sebab minuman lezat yang satu ini mengandung sejumlah besar magnesium yang memiliki kemampuan luar biasa untuk memulihkan tekanan darah yang ternganggu.

#5 Kentang Manis Panggang

Sebelum mencoba obat alami yang satu ini, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Konsumsi kentang manis panggang secara teratur dan lihat pemulihan kondisi darah tinggi Anda.

#6 Lemon

Kandungan vitamin C dalam lemon berfungsi sebagai antioksidan yang membantu menetralkan efek berbahaya dari radikal bebas. Sekaligus membantu melembutkan pembuluh darah agar tetap fleksibel. Peras sari lemon, lalu campurkan ke dalam air panas tanpa gula atau garam,  dan minum sebelum makan dan minum di pagi hari.    

#7 Madu

Madu diketahui memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan dan kecantikan. Dalam hal ini, madu ampuh membuat pembuluh darah Anda menjadi rileks. Cobalah mengkonsumsinya satu sendok makan sebelum sarapan.

#8 Jus Bayam

Kendati rasanya tidak mengenakkan di lidah, namun khasiat jus bayam cukup tinggi lho. Cobalah rajin meminum jus bayam dalam beberapa minggu, maka Anda akan menyadari khasiatnya yang luar biasa terutama untuk meredakan tekanan darah tinggi.

#9 Minum Air

Air adalah obat terampuh yang dapat melindungi seluruh organ tubuh dari serangan penyakit. Pasatikan tubuh Anda mendapat asupan air cukup setiap hari. Meskipun ini bukan salah satu pengobatan sederhana, namun air memainkan peranan penting dalam mengelola tekanan darah.

#10 Semangka

Semangka sangat baik untuk membantu kapiler darah bekerja dengan maksimal dan membantu menjaga fungsi ginjal. Saat tekanan darah Anda naik, cobalah menggunakan biji semangka. Pertama, keringkan biji semangka. Setelah kering, giling hingga halus. Lalu konsumsi satu sendok makan bubuk semangka setiap hari (pagi dan sore).

#11 Bawang Merah

Kandungan flavonol antioksidan atau quercetin dalam bawang merah disebut ampuh menurunkan tekanan darah. Akan sangat berkhasiat saat Anda mengkonsumsinya mentah-mentah. Atau mencampurnya 1 ½ sendok teh bawang putih yang dihaluskan ke dalam madu dan mengkonsumsinya dua kali sehari selama 1-2 minggu.

#12 Biji Kelabat (Fenugreek)

Serat dan potasium di dalam biji kelabat terbukti bermanfaat menurunkan tekanan darah. Untuk mencoba obat ini, Anda dapat merebus terlebih dahulu biji kelabat dan saring. Kemudian konsumsi dua kali sehari.

#13 Lada Hitam

Lada merupakan salah satu obat yang baik untuk mengendalikan tekanan darah tinggi. Kandungan kalsium, zat besi dan kalium di dalam lada hitam berfungsi untuk membantu meredakan tekanan darah. Selain itu, potasiumnya mampu meminimalkan natrium dan menurunkan tekanan darah.

Sumber : Boldsky.com/jawaban.com/ls


BERITA LAINNYA
Makan super untuk Otak,ini makanannya
Senin, 15 Oktober 2018 | 09:28:27
Hari Kanker se-Dunia: Hidup Sehat dan Deteksi Dini
Kamis, 5 Februari 2015 | 17:00:22
Usir Sakit Kepala dengan Mandi Air Hangat
Jumat, 30 Januari 2015 | 13:39:20
Sayuran pun Bisa Sebabkan Asam Urat!
Senin, 26 Januari 2015 | 18:33:45
Minum Air Putih pada Anak Mencegah Obesitas
Jumat, 23 Januari 2015 | 22:33:42
Perokok Diharapkan Tetap Dapat BPJS Kesehatan
Rabu, 21 Januari 2015 | 16:56:52
Nonton TV dan Kanker Ada Kaitannya Lho!
Kamis, 15 Januari 2015 | 23:25:26
BERIKAN KOMENTAR