Senin, 26 Februari 2018 | 20:35:13

Posisi Tidur Bisa Ungkap Kepribadian, Kamu yang Mana?

Pesisirnews.com - Setelah kita memejamkan mata, mungkin kita tidak tahu posisi tubuh saat mulai tertidur atau sepanjang malam. Tapi, coba ingat-ingat posisi saat kamu tertidur dan saat terbangun. Apakah kamu ada di posisi tidur yang sama?

Ketika tidur posisi kita akan berubah beberapa kali. Yang menarik, ternyata posisi yang kita anggap paling nyaman untuk tidur menentukan tentang kepribadian kita, lho.

"Cara kita tidur memperlihatkan hal penting tentang kepribadian kita dengan posisi tidur yang berbeda-beda dari setiap orang," ujar Asisten Profesor Emergency Medicine di Nortwell Health, Dr Robert Glatter, MD.

Glatter menjelaskan, bahasa tubuh saat tidur seringkali mengungkapkan kepribadian mendalam dari seseorang, termasuk citra diri dan ketakutan kita. Sama seperti kepercayaan dan nafsu yang tak terpendam.

Berdasarkan pengalamannya dengan pasien, Glatter kemudian menemukan kepribadian tersebut cocok dengan pola kepribadian masing-masing cara tidur.

"Kebanyakan orang tidak berganti cara tidur. Posisi yang kita pilih untuk tidur adalah posisi yang membuat kita stabil dan nyaman untuk tertidur," kata dia.

Nah, coba dicek posisi tidur favorit kamu dan sesuaikah dengan kepribadian?

Meringkuk seperti bayi di kandungan

Posisi ini adalah yang paling umum. Mereka yang tidur dengan posisi seperti bayi dalam kandungan tidur menyamping dan meringkuk dengan kaki menekuk.

Orang-orang yang tidur dalam posisi ini cenderung introvert atau ingin selalu melindungi diri mereka. "Mereka cenderung sangat sensitif dan pemalu, juga gugup dan pasif dalam hal detail," kata Glatter.

Mereka yang tidur dengan posisi ini juga sering khawatir berlebihan dengan hal kecil. Sehingga mereka butuh melakukan hal-hal yang bisa mengurangi stres sebelum tidur, seperti yoga, olahraga atau meditasi.

Batang kayu

Mereka yang tidur seperti batang kayu adalah yang tidur dengan tubuh lurus dengan tangan berada di samping.

Kabar baik, mereka yang sering tidur dengan pisisi ini merupakan pribadi yang cenderung bisa menerima, tidak seperti mereka yang tidur dengan posisi seperti bayi dalam kandungan.

"Mereka seringkali rileks, tapi terkadang bisa juga mudah tertipu," kata Glatter.

Menurut riset Chris Idzikowski, pakar kesehatan tidur, jika kamu biasa tidur dengan posisi ini, kamu mungkin adalah pribadi yang mudah bergaul dan jarang mengalami stres berat. Tapi kamu tidak juga mudah untuk ikut pada arus.

Menyamping

Posisi tidur menyamping atau yearner, adalah posisi tidur dimana kedua tangan menjulur ke depan seperti mau meraih sesuatu.

Posisi ini bisa diibaratkan keinginan untuk meraih sesuatu. Namun, mereka mungkin memikirkan pro dan kontra dari keinginan mereka tersebut dan bisa saja bergerak lebih lambat dari yang lain. Meski begitu mereka selalu percaya diri jika sesuatu sudah dipilih.

"Mereka seringkali butuh waktu untuk mengambil keputusan, tapi menjaga komitmen saat mereka sudah mengambil keputusan tertentu," kata Glatter.

Tentara

Posisi tidur tentara adalah posisi tidur terlentang dengan tangan dekat dengan tubuh mereka.
Glatter menjelaskan, secara umun mereka kuat namun cenderung diam dan tidak suka membuat gerakan.

Meski begitu, mereka juga bisa memberikan tekanan. "Mereka bisa sangat memaksa dan meminta sama seperti yang lain," kata dia.

Tengkurap

Mereka yang tidur telungkup biasanya menghadapkan kepala ke salah satu sisi. Meski begitu, posisi ini disebut bukan lah posisi yang baik secara kesehatan.

"Posisi tidur ini biasanya kurang nyaman karena bisa membuat leher sakit," kata Glatter.

Mereka yang tidur dengan posisi ini tetap menoleh ke samping untuk tetap berada pada kontrol. Tapi pada kenyataannya, hidup tidak selalu berjalan sesuai kontrol. Oleh karena itu mereka sering bangun dengan keadaan cemas.

Menurut Glatter, pengalaman ini juga dilaporkan oleh pasiennya. Untuk membantu meredakan masalah ini, coba lah mendengar musik-musik yang menenangkan sebelum tidur atau mungkin menggunakan masker mata lavender untuk relaksasi.

Bintang laut

Mereka yang tidur dengan posisi bintang laut sering tidur terlentang dengan tangan berada dekat bantal.

"Berdasarkan riset Idzikowski, secara umum, mereka cenderung senang bersosialisasi, suka nemberi dan tidak mementingkan diri sendiri," kata Glatter.

Hanya saja, hati-hati karena orang yang tidur dengan posisi ini mungkin saja mudah mendengkur.

Posisi bintang laut dan tentara adalah posisi yang paling rentan mendengkur dan kualitas tidur yang kurang. Ini karena posisi yang kurang nyaman dan membuat otot tegang di pagi hari.

Sumber Kompas.com



BERITA LAINNYA
Sebelum Berhubungan, Ketahui 5 Bagian Kelamin Pria Ini
Minggu, 5 Agustus 2018 | 14:38:57
BERIKAN KOMENTAR