Sabtu, 8 Juli 2017 | 19:07:39

Menebak kepribadian dari jenggot

Jakarta - Beberapa pria menumbuhkan jenggot dan kumis dengan berbagai alasan. Ada yang karena ingin terlihat lebih dewasa, lebih maskulin atau sekadar ingin menampilkan ciri khas.

Model jenggot dan kumis yang dipilih pun berbeda-beda. Mulai dari jenggot lebat, terbentuk rapi hingga tipis. Pilihan model jenggot ternyata sedikit banyak bisa mengungkapkan kepribadian para pria. Seorang pogonologist atau pakar pengetahuan tentang jenggot mengungkapkan tipe-tipe jenggot dan kepribadian pria. Cocokkah dengan Anda para pria?

1. Jenggot 'Full Face'
Bisa juga dibilang jenggot klasik atau jenggot 'bapak-bapak'. Menurut Allan Peterkin, pria yang menumbuhkan jenggot seperti ini biasanya dimiliki oleh seorang profesor atau pria dengan pendidikan tinggi.

"Jenggot model ini juga bisa diasosiasikan dengan keagamaan (seperti jenggot Nabi Musa atau Yesus). Jadi yang menumbuhkan jenggot seperti ini biasanya punya kisah historikal tersendiri. Gaya jenggot ini sedikit kuno tapi sekarang kita lihat banyak anak muda juga tampil seperti ini," jelas Allan, seperti dikutip dari Huffington Post.

2. Goatee atau Jenggot 'Kambing'
Jenggot yang hanya ada di bagian dagu mencirikan pria yang rentan terjebak masa lalu. Menurut Allan, gaya jenggot ini sempat populer di pertengahan '90-an'. Meskipun sudah tidak tren lagi, Allan mengatakan sekarang masih ada sebagian pria yang memilih tampil dengan jenggot seperti ini.

3. Jenggot Berantakan
Tidak sepenuhnya berantakan, tapi jenggot dibiarkan tumbuh secara acak tanpa dirapikan dengan pisau cukur. Bahkan beberapa jenggot dibiarkan tumbuh hingga ke rahang dan dekat leher. Pria dengan model jenggot seperti ini terkesan cuek, tapi sebenarnya cukup peduli pada penampilan. Meskipun terkesan berantakan, model jenggot yang sedang tren ini rupanya masih perlu dirawat.

4. Sideburn
Jenggot dibiarkan tumbuh di dekat telinga hingga ke sepanjang rahang dan dagu (biasa disebut jambang). Dari analisa Allan, pria yang bergaya dengan jenggot seperti ini cenderung suka bersenang-senang.

"Setiap orang akan teringat dengan Elvis (Presley) ketika melihat jenggot seperi ini. Menurutku pemuda kampus dan kalangan hipster di Brooklyn paling banyak bereksperimen dengan model jenggot ini. Kelihatannya suka melucu," kata pria yang berprofesi sebagai pakar perawatan wajah pria dari divisi Men+Care brand Dove ini.

5. Hanya Kumis
Pria yang hanya menumbuhkan kumis sementara rambut di bagian wajah lain tetap licin dan bersih diasosiasikan Allan sebagai seseorang yang sedikit congkak. Dalam sejarahnya, pria berkumis (tanpa jenggot) sering kali mendapat kesan yang buruk.

"Pada tahun '70-an, kumis sering kali dikonotasikan dengan seksualitas, kumis pengikut mode, kumis film porno, dan sebagainya. Tapi di zaman sekarang pria-pria muda cukup percaya diri memelihara kumis tanpa khawatir pandangan orang terhadap dirinya," kata Allan.

6. Horseshoe
Bentuk kumis dan jenggot yang seperti tapal kuda, artinya rambut wajah membentuk seperti huruf 'U' terbalik yang menghiasi bibir atas hingga ke dekat dagu. Menurut Allan, pria dengan jenggot seperti ini punya jiwa pemberontak dalam dirinya.

"Tipe jenggot ini kerap dianggap sebagai jenggotnya biker atau pegulat," terangnya.

7. Handlebar
Kumis dengan bentuk seperti gagang pintu biasanya memiliki pribadi yang menyenangkan. Meski gaya ini dianggap kuno di Indonesia, lelaki berkumis seperti ini punya kesan pria baik-baik, setia, dan mempertahankan tradisi.

8. Soul Patch
Jenggot terlihat seperti gumpalan rambut di bawah bibir, menunjukkan keprbadian pria yang kreatif. Bisa dibilang, pria dengan tipe jenggot ini orang yang 'nyeni' tapi tidak ingin penampilannya terlalu mencolok. Dikutip dari Cheat Sheet, tipe ini cenderung takut pada komitmen. Ada sedikit sisi pemberontak di dalam dirinya, tapi cukup sadar untuk tidak membuat keributan dengan benar-benar melanggar peraturan.(m detik.com)


BERITA LAINNYA
Pemilik anjing miliki resiko kematian lebih rendah
Sabtu, 18 November 2017 | 19:20:58
6 Hal yang Bikin Pria Jijik Saat Bercinta
Sabtu, 11 November 2017 | 20:17:29
11 fakta birkin hermes yang mungkin belum kamu ketahui
Selasa, 3 Oktober 2017 | 23:09:20
BERIKAN KOMENTAR