• Home
  • Mancanegara
  • Mengenal sosok Kim Yo-jong, adik Kim Jong-un yang kini masuk pusat kekuasaan Korut
Rabu, 11 Oktober 2017 | 12:36:57

Mengenal sosok Kim Yo-jong, adik Kim Jong-un yang kini masuk pusat kekuasaan Korut

Merdeka.com

Pesisirnews.com - Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un mempromosikan adik perempuannya Kim Yo-jong untuk masuk ke politbiro atau badan pembuat keputusan tertinggi di negara tersebut.

Yo-jong dipromosikan ke pusat kekuasaan Korut untuk menggantikan bibi Jong Un, Kim Kyong-hee, yang dulunya merupakan pengambil keputusan utama ketika mendiang Kim Jong-il masih memimpin Korut.

Tidak seperti kakaknya yang terkesan tertutup, Yo-jong memiliki kepribadian yang ceria. Tak jarang, wanita 28 tahun itu juga muncul di media pemerintah. Dia pertama kali muncul di media saat pemakaman ayah mereka pada Desember 2011 lalu.

Sejak itu, dia beberapa kali tertangkap kamera saat tampil bersama kakaknya di berbagai kesempatan, menonton konser, mengendarai kuda putih sampai saat menerima karangan bunga ketika diberi jabatan di pemerintahan.

Ada rumor yang berkembang bahwa dia merupakan otak di balik citra publik kakaknya. Bahkan ada juga spekulasi yang mengatakan, dia bertanggung jawab atas urusan negara pada periode tahun 2014 ketika Jong-un tidak muncul di muka publik karena alasan masalah kesehatan.

Rumor tersebut muncul ketika pada 2014, Yo-jong ditunjuk menjadi wakil direktur Propaganda Partai Buruh dan Departemen Agitasi yang menangani pesan ideologis melalui media, seni, dan budaya. Dia diklaim memoles citra Jong-un di hadapan umum, yang kontras dengan citra kakeknya, Kim Il-sung yang terkenal baik hati dan mudah dijangkau.

Jabatan itu juga yang membuat Kementerian Keuangan Amerika Serikat memasukkannya ke dalam daftar hitam bersama dengan enam pejabat Korut pada Januari lalu karena dianggap melanggar hak asasi manusia dengan kejam dan menyembunyikan perilaku tidak manusiawi dan penindasan dari rezim tersebut.

Penunjukan Yo-jong di badan pembuat keputusan utama Korut membuat orang berspekulasi bahwa Jong-un tengah memperkuat posisinya dengan cara menarik orang-orang terdekatnya. Terlebih karena Yoo-jong adalah perempuan, maka Jong-un tidak menganggapnya sebagai ancaman.

"Karena dia perempuan, Kim Jong-un sepertinya tidak melihatnya sebagai ancaman dan tantangan bagi kepemimpinannya. Seperti kata pepatah darah lebih kental dari air' jadi Kim Jong-un berpikir Yo-jong bisa dipercaya," kata peneliti Institut Strategi Keamanan Nasional, Moon Hong Sik, dikutip dari Strait Times, Selasa (10/10).

Berbeda dengan bibinya yang baru dipromosikan ke politburo setelah menjalani lebih dari tiga dekade di partai tersebut, Yo-jong diberi kekuasaan dalam kurun waktu cukup cepat.

Meski sepak terjangnya di dunia politik Korut sudah dikenal, namun Yo-jong masih menyembunyikan kehidupan pribadinya. Pada Januari 2015 lalu, dia terlihat mengenakan cincin di jari manisnya saat berkunjung ke pusat penitipan anak. Pejabat intelijen Korea Selatan kemudian mengklaim Yo-Jong telah menikah dengan seorang teman dari Universitas Kim Il-sung.

Sumber Merdeka.com 



BERITA LAINNYA
Bahas Masalah Yerusalem, Erdogan Telepon Jokowi
Minggu, 10 Desember 2017 | 13:49:54
Mengerikan! Ledakan di Mesir Tewaskan Ratusan Orang
Sabtu, 25 November 2017 | 01:39:57
BERIKAN KOMENTAR