• Home
  • Mancanegara
  • Kim Jong-un Tertawa Lihat Rudal Pengancam AS Sukses Melesat
Jumat, 1 Desember 2017 | 19:05:44

Kim Jong-un Tertawa Lihat Rudal Pengancam AS Sukses Melesat

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un tertawa bersama para pejabatnya saat melihat rudal balistik antarbenua Hwasong-15 sukses melesat. Foto/KCNA via REUTERS

Pesisirnews.com - Korea Utara (Korut) merilis puluhan foto peluncuran rudal balistik antarbenua (ICBM) Hwasong-15 yang secara teoritis mampu menjangkau wilayah Amerika Serikat (AS) sukses melesat. Salah satu foto menunjukkan pemimpin Korut Kim Jong-un tertawa menyaksikan rudal tersebut meluncur.

Foto-foto tersebut dilansir Rodong Sinmun, surat kabar rezim Pyongyang pada hari Kamis. Rudal terbaru yang diuji tembak terlihat lebih besar dengan peluncur mobile yang diproduksi di dalam negeri. 

"Rudal Hwasong-15 cukup kuat untuk membawa hulu ledak nuklir super berat yang bisa menyerang seluruh daratan di AS," tulis surat kabar tersebut, seperti dilansir dari sindonews.com, Jumat (1/12)

Foto-foto yang dirilis rezim Kim Jong-un itu dimanfaatkan para ahli untuk menganalisis kemampuan senjata terbaru Korut.

Media pemerintah Korut, KCNA, ikut melansir foto-foto pelucuran ICBM Hwasong-15. Kim Jong-un dalam salah satu terlihat tertawa lepas bersama para pejabat di depan monitor yang merinci lintasan peluncuran rudal tersebut.

Pemerintah Pyongyang telah mengonfirmasi bahwa rudal terbaru yang ditembakkan kemarin mencapai ketinggian sekitar 4.475 km (2.780 mil)—lebih dari 10 kali ketinggian Stasiun Luar Angkasa Internasional—dan terbang sejauh 950 km (590 mil) selama penerbangan 53 menit.

Sebelumnya, Kim Jong-un menyatakan kebanggaannya dengan terobosan program senjatanya. Menurutnya, ICBM Hwasong-15 yang diuji tembak menjadi sejarah Korut sebagai negara berekuatan nuklir.

"Setelah menyaksikan peluncuran yang sukses dari tipe baru ICBM Hwasong-15, Kim Jong-un menyatakan dengan bangga bahwa sekarang kita akhirnya menyadari penyebab sejarah yang hebat dalam menyelesaikan kekuatan nuklir negara," bunyi pernyataan pemerintah Korut yang dibacakan seorang presenter stasiun televisi negara komunis tersebut.

Kim secara pribadi memimpin uji coba rudal tersebut. Dia mengatakan bahwa peluncuran terbaru itu "sempurna" dan kendaraan baru peluncur rudalnya sebagai "terobosan".

Sumber sindonews.com



BERITA LAINNYA
Bahas Masalah Yerusalem, Erdogan Telepon Jokowi
Minggu, 10 Desember 2017 | 13:49:54
Mengerikan! Ledakan di Mesir Tewaskan Ratusan Orang
Sabtu, 25 November 2017 | 01:39:57
BERIKAN KOMENTAR