• Home
  • Mancanegara
  • 7 Fakta Jelang Prancis vs Argentina di 16 Besar Piala Dunia
Sabtu, 30 Juni 2018 | 10:18:12

7 Fakta Jelang Prancis vs Argentina di 16 Besar Piala Dunia

Lionel Messi mencetak satu gol di Piala Dunia 2018 ketika berhadapan dengan Nigeria. (REUTERS/Jorge Silva)

Jakarta,pesisirnews.com -- Dua negara yang termasuk dalam daftar unggulan pot 1, timnas prancis dan Argentina, akan berhadapan pada laga babak 16 besar Piala dunia 2018.

Prancis menempati peringkat pertama Grup C dengan poin tujuh, mengungguli Denmark, Peru, dan Australia. Les Bleus dua kali meraih kemenangan tipis dan sekali bermain imbang tanpa gol.

Sedangkan Argentina menempati peringkat kedua Grup D, di bawah Kroasia. Albiceleste yang meraih empat poin baru meraih kepastian melaju ke babak knock out setelah meraih kemenangan atas Nigeria di matchday ketiga fase grup.


Kedua kesebelasan sudah pernah bertemu sebanyak 11 kali di berbagai kesempatan sejak 1930.

Antoine Griezmann baru mencetak satu gol di Piala Dunia 2018.Antoine Griezmann baru mencetak satu gol di Piala Dunia 2018. (REUTERS/Carl Recine)
Berikut beberapa fakta menarik lainnya mengenai pertemuan Prancis dan Argentina dikutip dari berbagai sumber.

1. Dari 11 pertemuan sebelumnya, Argentina unggul dengan meraih enam kemenangan berbanding dua kekalahan. Sementara tiga laga lain berakhir seri.

2. Lionel Messi mencetak gol ke gawang Prancis dalam pertemuan terakhir yang berlangsung pada tahun 2009 dan berakhir dengan kemenangan 2-0 untuk Argentina.

3. Messi belum pernah mencetak gol dalam fase gugur Piala Dunia. Sejak bermain di Piala Dunia 2006, Messi sudah bermain selama 666 menit di fase gugur. Enam gol yang dibukukan pemilik lima gelar Balon d'Or itu di Piala Dunia selalu dicetak di babak grup.

4. Sejak Piala Dunia 1974, Argentina selalu berhasil melewati fase grup kecuali pada 2002.

5. Dalam fase grup Piala Dunia 2018, Prancis hanya menerima lima tembakan dari tiga laga. Satu-satunya gol yang bersarang di gawang Hugo Lloris berasal dari tendangan penalti.

6. Jika tidak menghitung babak adu penalti, Prancis hanya kalah sekali dari 11 laga terakhir di fase grup. Kekalahan tersebut dialami ketika kalah 0-1 dari Jerman di babak perempat final Piala Dunia 2014.

7. Didier Deschamps akan memecahkan rekor ketika menjalani pertandingan ke-80 sebagai pelatih timnas Prancis dalam laga menghadapi Prancis. Rekor sebelumnya tercatat atas nama Raymond Domenech yang memimpin Tim Ayam Jantan dalam 79 laga.
 (***)

CNNIndonesia


BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR