• Home
  • Mancanegara
  • Dilarang Jualan di Pinggir Jalan, Petani Semangka Tikam Polisi
Sabtu, 21 Juli 2018 | 19:34:58

Dilarang Jualan di Pinggir Jalan, Petani Semangka Tikam Polisi

Kompas.com

Beijing, Pesisirnews.com - Seorang polisi tewas ditikam di jalanan kota Lanzhou, provinsi Gansu, China setelah pertengkaran soal semangka.

Polisi sudah menangkap tiga orang yang terlibat dalam pembunuhan petugas tersebut.

Rekaman video yang menyebar di media sosial memperlihatkan sosok seorang pria yang tergeletak tak bergeral dan berlumuran darah di jalanan.

Peristiwa ini berawal saat petugas Biro Penegakan Hukum dan Administrasi Perkotaan atau oleh warga lokal disebut chengguan sedang melakukan penertiban.

Mereka mencoba menghentikan seorang petani dan dua putranya menjual semangka di tepian jalan. Demikian dikabarkan sejumlah media setempat.

Menurut para petugas, usaha lapak semangka itu ilegal karena tak memiliki izin dari pemerintah. Sehingga mereka mencoba menyita barang dagangan dan kendaraan si petani.

Si petani semangka dan kedua putranya langsung ditangkap. Sementara selain satu petugas chengguan tewas, dua lainnya terluka.

Para petugas chengguan itu bekerja untuk Biro Manajemen Perkotaan, sebuah badan pemerintah yang ada di setiap kota di China.

Badan ini bertanggung jawab untuk menegakkan hukum yang terkait dengan industri, perdagangan, penghijauan, pengendalian polusi, perlindungan lingkungan, dan lainnya.

Seringkali terjadi gesekan antara para petugas chengguan dan para pedagang kaki lima di China. Bahkan tak jarang terjadi bentrokan yang memakan korban.


Sumber Kompas.com 



BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR