• Home
  • Mancanegara
  • Korut pulangkan jenazah tentara AS yang gugur dalam Perang Korea
Jumat, 27 Juli 2018 | 15:31:41

Korut pulangkan jenazah tentara AS yang gugur dalam Perang Korea

Korea Utara kembalikan jenazah tentara AS ke negaranya. Reuters

Pesisirnews.com - Korea Utara menepati janjinya untuk memulangkan kembali jenazah tentara Amerika Serikat yang masih berada di negara tersebut. Ini merupakan bagian dari implementasi kesepakatan yang dibuat pemimpin Korut Kim Jong-un dengan Presiden Donald Trump dalam KTT Juni lalu.

Sebanyak 55 jenazah para tentara yang gugur dalam Perang Korea 1950-1953 dipindahkan menggunakan pesawat militer dari kota Wonsan, Korut ke pangkalan udara Osan di Korea Selatan.

"Hari ini, Kim memenuhi sebagian komitmen yang dibuat dengan Presiden Trump untuk mengembalikan para tentara kami yang gugur. Ini merupakan momuntum bersejarah yang menandai perubahan positif," kata Gedung Putih melalui sebuah pernyataan, dikutip dari Reuters, Jumat (27/7).

Di pangkalan udara Osan, prajurit berseragam dengan sarung tangan putih secara perlahan membawa 55 peti mati yang ditutupi lencana PBB warna biru-putih untuk ditempatkan di sebuah van perak.

Bendera AS, Korsel, dan PBB akan menyambut kepulangan jenazah tersebut. Selain itu, sebuah upacara repatriasi formal juga akan diadakan di Osan.

Pemulangan jenazah ini bertepatan dengan ulang tahun ke-65 perjanjian gencatan senjata pada 1953 silam. Trump pun menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kim atas keputusannya memulangkan jenazah yang gugur di medan perang ini.

"Jenazah tentara Amerika akan meninggalkan Korea Utara dan kembali ke Amerika Serikat. Setelah bertahun-tahun lamanya, ini tentu akan menjadi momen bersejarah bagi para keluarga yang ditinggalkan. Terima kasih Kim Jong-un," tulis Trump di akun Twitternya.

Sebagaimana diketahui, sebanya 7.700 tentara AS ikut bertempur dalam Perang Korea. Banyak dari mereka yang gugur di medan perang bahkan sekitar 5.300 tentara hingga saat ini masih belum ditemukan.


Sumber Merdeka.com 



BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR