• Home
  • Nasional
  • Nasib tragis TKI tewas disiksa majikan & tidur dekat kandang anjing di Malaysia
Rabu, 14 Februari 2018 | 12:43:10

Nasib tragis TKI tewas disiksa majikan & tidur dekat kandang anjing di Malaysia

Foto : tempo.co

Jakarta, Pesisirnews.com - Dunia buruh Indonesia berkabung. TKW asal NTT, Adelina Lisao meregang nyawa karena diperlakukan tak manusiawi oleh majikannya di Malaysia, Minggu (11/2). Sekitar sebulan sebelum kematiannya, Adelina disuruh tidur di dekat kandang anjing milik majikannya cuma beralaskan tikar lusuh.

Sehari sebelum kematian Adelina, wanita berusia 21 tahun itu diselamatkan tetangganya dalam keadaan lemas tak berdaya. Dia sempat dirawat di Rumah Sakit Bukit Martajam, namun Adelina mengembuskan napas terakhir sehari kemudian.

Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Nusron Wahid menemukan fakta baru terkait kasus kematian TKW asal NTT Adelina Lisao di rumah majikan warga Malaysia. Menurutnya, berdasarkan informasi dari satgas yang telah melihat langsung kondisi jenazah dan bertemu dengan pakar forensik RS Sebrang Jaya dokter Amir Sa'ad dan polisi setempat, kematian korban disebabkan sejumlah faktor.

"Disebabkan oleh anemia, hemoglobin 3,6 (normal 12-15), malnutrisi 43 kg BMI 16 (normal 18) akibat pembiaran yang dilakukan majikan dalam jangka lama, lebih dari 1 bulan dan bekas luka yang tidak diobati yang berakibat menyebabkan kegagalan fungsi organ tubuh," kata Nusron dalam keterangan tertulis kepada merdeka.com, Selasa (13/2).

Dari hasil forensik sementara, tidak ditemui bekas-bekas penganiayaan atau pemukulan dan tidak ada luka dalam. Sedangkan penyebab bekas luka di tangan kanan korban diperkirakan bekas gigitan binatang dan tangan kiri akibat air keras.

"Penyebab luka masih dalam penyidikan. Dan Pemerintah Malaysia akan memanggil pakar forensik gigi dan dokter gigi dari Pusat Forensik Malaysia. Hasil post mortem akan disampaikan ke KJRI Penang," terangnya.

Nusron juga sudah mendapatkan informasi bahwa ibu kandung majikan akan segera ditangkap. Mereka akan didakwa dengan hukum pidana dengan ancaman maksimal hukuman mati.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri, Retno Lestari Priansari Marsudi memastikan pemerintah mengawal kasus tewasnya Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal NTT di Malaysia, Adelina Lisao (21). Adelina Lisao tewas setelah diduga disiksa majikannya.

"Kita akan melakukan pendampingan hukum dalam arti kasusnya itu akan kita ikuti terus sehingga tidak ada hak hukum dari warga negara kita yang terkurangkan," kata Retno di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (13/2).

Tak hanya mengawal kasus tersebut secara optimal, pemerintah juga akan memperjuangkan hak kompensasi Adelina Lisao. Retno memastikan, Adelina akan mendapatkan hak kompensasinya selama bekerja di Malaysia.

Sumber Merdeka.com 



BERITA LAINNYA
Wapres JK Minta Malaysia Hukum Tegas Penganiaya Adelina
Senin, 19 Februari 2018 | 13:34:23
Reaksi Firza Husein soal kabar kepulangan Rizieq Shihab
Sabtu, 17 Februari 2018 | 12:27:44
Saat Seorang Ibu Buat Jokowi Kebingungan
Rabu, 14 Februari 2018 | 20:11:31
BERIKAN KOMENTAR