• Home
  • Pekanbaru
  • 9 UMKM Digandeng Jasa Raharja Pekanbaru Kembangkan Usaha
Sabtu, 24 Maret 2018 | 23:01:48

9 UMKM Digandeng Jasa Raharja Pekanbaru Kembangkan Usaha

Pekanbaru, Pesisirnews.com - PT Jasa Raharja (Persero) Cabang Pekanbaru, menyalurkan bantuan kemitraan sebesar Rp165 juta untuk sembilan UMKM guna mendukung produktivitas usaha mereka agar makin berkembang lagi.

"Jasa Raharja memberikan bantuan tersebut sebagai bentuk tanggungjawab sosial korporasi yang diamanahkan dalam Peraturan Menteri BUMN nomor PER-02/MBU/07/2017 pada 5 Juli 2017 tentang program kemitraan dan program bina lingkungan BUMN," ujar Kepala Cabang PT Jasa Raharja (Persero) Widayana.

Ia menyatakan, dalam  Peraturan Menteri BUMN nomor PER-02/MBU/07/2017 pada 5 Juli 2017 dalam bab III pasal 8 point 1a disebutkan setiap BUMN wajib menyisihkan laba bersih maksimum sebesar empat persen untuk program kemitraan dan bina lingkungan.

Selain itu, katanya, Jasa Raharja sebagai BUMN juga mempunyai tugas utama dalam menjalankan UU No. 33 Tahun 1964 tentang dana pertanggungan wajib kecelakaan penumpang dan UU No. 34 Tahun 1964 tentang Dana Kecelakaan.

"Dengan diserahkannya program kemitraan ini dan bina lingkungan tersebut dapat memberdayakan masyarakat sekitar dan  meningkatkan ekonomi mereka serta dapat  menunjang aktivitas untuk bersosialisasi," tutur Widayana.

Lebih jauh, ia menuturkan mitra binaan yang dibantu, diharapkan tepat waktu mengembalikan kredit serta bisa mengembangkan kreatifitasnya  sehingga usahanya akan lebih maju lagi, dari satu unit usaha akan menjadi berkembang lagi.

Dalam meningkatkan daya saing usahanya Jasa Raharja memberikan pembinaan secara intensif, dengan bunga kredit 3 persen per tahun dengan tiga tahun pengembalian pinjaman, sedangkan usaha yang dibantu bergerak di sektor perikanan diterima oleh Agustina sebesar Rp15 juta, di bidang usaha perdagangan ampera diterima oleh Asmi Darmi sebesar Rp10 juta, Jhoni Anwar yang bergerak dibidang usaha perdagangan sate raja dapat kredit sebesar Rp20 juta,  Hendra Saputra usaha kripik sanjai sebesar Rp20 juta.

Selain itu, Muklishon usaha perdagangan kue pukis Salwai Ayu sebesar Rp25 juta, Maranatha Daeli usaha perdagangan iar isi ulang sebesar Rp30 juta,  Sri Rohayati usah jasa Intan Ratu Laundri sebesar Rp15 juta, Lidia Vera Nada  dalam usaha jasa salon widya Rp15 juta, Nadia Sajida usaha jasa Ratu Loundry dan cell sebesar Rp15 juta.

"Diharapkan dengan diserahkannya bantuan program kemitraan dan bina lingkung tersebut dapat memberdayakan masyarakat sekitar  sebagai bagian dari stakeholder  Jasa Raharja dalam meningkatkan taraf ekonomi dan menunjang aktivitas perusahaan untuk bersosialisasi," ucapnya.

Pada saat yang sama PT Jasa Raharja juga menyerahkan bantuan program bina lingkungan untuk dua sarana umum sebesar Rp30 juta dan satu sarana ibadah sebesar Rp35 juta.Ia menyebutkan, alokasi anggaran program kemitraan Jasa Raharja Cabang Riau tahun 2018 tercatat sebesar  Rp1,35 miliar sedangkan yang sudah disalurkan periode Januari-Februari yakni sebesar  Rp245 juta (18,15 persen) dan pada Maret 2018 sebesar Rp165 juta (30,44 persen)
   
Selain itu alokasi anggaran program bina lingkungan Jasa Raharja Cabang Riau tahun 2018 adalah sebesar Rp150 juta, sedangkan yang baru disalurkan adalah sebesar 20 persen atau Rp30 juta periode Januari-Maret 2018. 

Sumber Antarariau.com 


BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR