• Home
  • Pemkab Inhil
  • HKN ke- 53, HM Wardan : Kesehatan Investasi dan aset tak ternilai harganya
Minggu, 12 November 2017 | 13:57:44

HKN ke- 53, HM Wardan : Kesehatan Investasi dan aset tak ternilai harganya

Inhil, Pesisirnews.com - Sejumlah rangkaian kegiatan digelar Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke- 53 yang disejalankan dengan Hari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) ke-67 serta Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia, Minggu 12 November 2017. 

Bertempat di lapangan upacara Gajah Mada, Tembilahan, tampak hadir dalam kegiatan itu, Bupati HM Wardan, Sekretaris Daerah (Sekda) Inhil H Said Syarifuddin, unsur Forkompimda Inhil, sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan pemkab Inhil, ketua TP-PKK Inhil beserta pengurus, ketua organisasi-organisasi wanita Inhil, ketua IDI Inhil beserta pengurus, dan peserta gerak jalan sehat. 

Bupati HM Wardan dalam sambutanya mengapresiasi kegiatan tersebut. Kegiatan ini dinilai telah membantu pemerintah dalam bidang kesehatan. 

"Kesehatan merupakan sebuah investasi dan aset yang tak ternilai harganya," ujar Wardan sebelum melepas kegiatan jalan sehat. 

Ia mengimbau kepada kepada seluruh sekolah di semua tingkat pendidikan dan instansi pemerintah maupun swasta untuk mengimplementasikan cuci tangan pakai sabun. "Mari kita masyarakatkan cuci tangan pakai sabun. Ini adalah kegiatan sedunia. Setiap sekolah jika perlu di setiap kelas sebelum masuk diterapkan cuci tangan dulu sebelum belajar," sebutnya. 

Sementara itu Ketua TP-PKK Inhil, Hj Zulaikhah Wardan dalam rangkaian kegiatan itu turut menyerahkan peralatan cuci tangan pakai sabun kepada dua sekolah perwakilan.

"Hari cuci tangan pakai sabun sedunia seyogyanya diperingati setiap tanggal 15 Oktober. Tujuan kegiatan ini adalah untuk menggalakkan cuci tangan pakai sabun, sehingga dapat mengurangi serangan penyakit seperti diare dan infeksi saluran pernapasan," paparnya. 

Istri orang nomor 1 di Inhil ini mengatakan bahwa kegiatan ini juga dijadikan suatu bentuk upaya pembangunan fasilitas di sekolah dan upaya meningkatkan kesehatan khususnya di negeri hamparan kelapa dunia.

"TP-PKK Inhil memberi bantuan alat cuci tangan pakai sabun. Saya mengingatkan kepada seluruh sekolah agar dapat menyediakan alat cuci tangan pakai sabun.

Ia menerangkan, bantuan alat cuci tangan ini merupakan suatu langkah nyata TP-PKK Inhil membantu pemerintah dalam bidang kesehatan dan memberikan pengetahuan betapa pentingnya perilaku hidup sehat sejak dini dilingkungan sekolah. 

Wanita yang akrab disapa Ikha ini juga menjelaskan bahwa diare dan infeks saluran pernapasan masih mengancam kesehatan anak-anak di Inhil. Karena itu lanjutnya, mencuci tangan perlu dilakukan saat sebelum makan dan setelah melakukan aktivitas. 

Pemberian edukasi tentang pentingnya menjaga kesehatan melalui kegiatan sederhana ini juga dinilai Ikha perlu untuk dilakukan di keluarga. "Kegiatan cuci tangan ini diharapkan tidak hanya menjadi ceremonial belaka tetapi dapat dijadikan gaya hidup di Inhil. Beritahukan kepada orang lain agar hal ini dibiasakan dalam kehidupan sehari-hari," harapnya. 

dan/humas


BERITA LAINNYA
Bupati Inhil Buka Perkemahan Karya Kecamatan Keritang
Jumat, 17 November 2017 | 15:54:40
Bupati Hadiri dan Buka Kejurprov PBSI Riau 2017
Selasa, 14 November 2017 | 09:34:04
Bupati Buka Lomba Pildacil Se-Kabupaten Inhil
Senin, 13 November 2017 | 15:43:14
MTQ Inhil Ke - 47 Resmi Ditutup Oleh Gubernur Riau
Sabtu, 11 November 2017 | 13:17:07
Bupati Inhil Irup Hari Pahlawan Tahun 2017
Jumat, 10 November 2017 | 13:58:10
BERIKAN KOMENTAR