• Home
  • Peristiwa
  • VIDEO: Begini Suasana Evakuasi Korban Kapal Tenggelam di Danau Toba
Selasa, 19 Juni 2018 | 08:00:34
Kapal tenggelam

VIDEO: Begini Suasana Evakuasi Korban Kapal Tenggelam di Danau Toba

Tribunpekanbaru.com
Warga sedang berada di pelabuhan Tigaras untuk mencari informasi korban kecelakaan kapal penumpang KM Sinar Bangun di Danau Toba, Senin (18/6/2018)

Pesisirnews.com - Kapal kayu berpenumpang berlayar dari Pelabuhan Simanindo (Samosir) tujuan Tigaras (Simalungun)  terbalik di Danau Toba.

Sebelumnya, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Samosir, Maher Tamba, ketika dikonfirmasi, membenarkan peristiwa ini dan sudah lima orang diselamatkan dan dibawa ke Puskesmas Daerah Simanindo. 

"Benar ada kapal kayu terbalik dari Pelabuhan Simanindo menuju Tigaras. Kapal terbalik akibat tali kemudi putus," kata Mahler, Senin (18/6/3018).

Ditanya soal jumlah penumpang, Mahler belum bisa memastikan, yang jelas di atas 50 orang.

"Ini kita sedang di jalan menuju lokasi kejadian. Tapi tim Basarnas sudah dikerahkan," katanya.

Sementara itu, Kasubbid Penmas Humas Polda AKBP MP Nainggolan membenarkan bahwa pada hari Senin 18 Juni 2018, sekitar pukul 17.30 WIB telah tenggelam Kapal Kayu KM Sinar Bangun dengan jumlah penumpang sekitar 70 orang.

Kapal tenggelam di perairan Danau Toba antara Kecamatan Simanindo Kabupaten Samosir menuju Tigaras Kabupaten Simalungun.

 "Saat ini Kasat Polair Samosir sedang menuju TKP dan Kanit Markas Danau Toba sudah koordinasi dengan Basarnas," kata MP Nainggolan, Senin (18/6/2018).


Selain itu, Tim BASARNAS dan Personil Unit Markas Danau Toba, penyelam telah berangkat dari Pelabuhan Ajibata menuju Tigaras/ TKP dengan menggunakan kapal Basarnas.

"Tim Basarnas dan Personil Markas Danau Toba, sedang menuju lokasi menggunakan kapal Basarnas," jelas MP Nainggolan.

Hingga kini Polair Samosir, Kanit Markas Danau Toba, Tim Basarnas masih terus melakukan pencarian terhadap para korban yang diduga tenggelam dalam kejadian tersebut.

Kapal pariwisata Tigaras- Simanindo terombang- ambing di tengah perairan Danau Toba, Senin (18/6/2018) sekitar pukul 17.30 WIB.

Kapal yang memuat lebih dari puluhan penumpang ini mengalami putus kemudi. 

Kanit Satpol Air Markas Danau Toba, Ipda Alfonso Pasaribu mengungkapkan setelah 45 menit lepas landas dari pelabuhan, kapal mengalami putus kemudi.

Peristiwa ini terjadi lantaran cuaca sangat buruk di tengah Danau Toba.

Saat kapal terombang-ambing, para penumpang panik dan memilih untuk meninggalkan kapal. 


Sumber tribunpekanbaru.com



BERITA LAINNYA
Wow ini kronologis ABK KM M Bizi 01 yang hilang.
Sabtu, 14 Juli 2018 | 18:23:57
Kecelakaan Maut, Ya Ampun Kepalanya
Rabu, 11 Juli 2018 | 14:20:36
Hasil Rapat pleno Kpu Kab Inhil PILGUB RIAU.
Kamis, 5 Juli 2018 | 13:47:49
Suami Dobrak Pintu Kamar, Astaga Istrinya
Senin, 2 Juli 2018 | 15:05:37
BERIKAN KOMENTAR