• Home
  • Politik
  • Hasil Tes Kesehatan Bapaslon Pilgubri dan Pilbup Inhil Diterima KPU
Rabu, 17 Januari 2018 | 10:49:53

Hasil Tes Kesehatan Bapaslon Pilgubri dan Pilbup Inhil Diterima KPU

Pekanbaru, Pesisirnews.com -  Komisi Pemilihan Umum Provinsi Riau telah menerima hasil tes kesehatan tujuh pasangan Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur setempat serta Balon Bupati dan Wakil Bupati Indragiri Hilir di Pekanbaru, Selasa.

Tim kesehatan menyerahkan hasil tes kesehatan itu di kantor KPU Provinsi Riau di Jalan Gajah Mada, Pekanbaru.

"Sesuai tahapan tim pemeriksa kesehatan yang terdiri dari Badan Narkotika Nasional (BNN), Himpunan Psikologi Indonesia (HIPSI) dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Selasa (16/1) siang sudah menyampaikan hasilnya ke KPU, " kata Anggota KPU Riau, Ilham M Yasir kepada Antara.

Ilham M Yasir menjelaskan ini sesuai tahapan Pilkada bahwa penyampaian hasil tes kesehatan 15-16 Januari. Selanjutnya tahapan pengumuman yang akan dilakukan 17 Januari setelah terlebih dahulu adanya pleno dari semua syarat pencalonan oleh Komisioner KPU.

Masalahnya sambung dia hingga Selasa siang pleno KPU oleh semua komisioner belum bisa dilakukan karena syarat pencalonan salah satunya hasil tes kesehatan dari tim Rumah Sakit Umum Daerah (RDUD) Arifin Achmad baru masuk.

"Harusnya siang ini sudah bisa pleno tetapi karena hasil tes kesehatan baru diterima,  dan itu bahagian dari syarat calon, maka  masih menunggu keseluruhan. Kemungkinan malam nanti, " ujarnya.

Sementaraa itu Ketua Tim dokter tes kesehatan Balon Pilkada Riau 2018, Syukri Delam membenarkan sudah menyampaikan hasil pemeriksaan kesehatan fisik jasmani dan rohani empat pasangan Balon Gubernur dan Wakil Gubernur serta tiga Balon Bupati dan Wakil Bupati Inhil.

"Hasilnya berita acara pemeriksaan yang sudah ditandatangani oleh masing-masing ketua tim sudah kami sampaikan dalam amplop tertutup hanya KPU Riau dan KPU Kabupaten Inhil, " ujar Syukri.

Menurut Syukri  menegaskan pihaknya sebagai tim pemeriksa kesehatan tidak dalam kompetensinya untuk menyampaikan hasil dari tujuh pasang Balon, itu adalah kewenangan KPU.

Ia menegaskan mereka tim sesuai aturan hanya dimintakan melakukan tes kesehatan jasmani, Psikologi dan Psikiatri Balon.

"Hasilnya sesuai terminologi KPU SK 321 kami hanya menyatakan memenuhi syarat atau tidak memenuhi syarat, " tegasnya.

Seperti diketahui sebelumnya tujuh Balon peserta Pilkada Riau 2018 telah mengikuti tes kesehatan sebagai syarat pencalonan pada tanggal 12-13 Januari di RSUD Arifin Achmad.

Tes kesehatan meliputi Psikologi, Psikiatri, dan jasmani atau fisik.

Adapun pasangan Balon Pilkada 2018 yang resmi mendaftar ke KPU terdiri dari empat Balon Gubernur dan Wakil Gubernur Riau masing-masing Syamsuar - Brigjen TNI Edy Nasution, Arsyadjuliandi Rachman - Suyatno, Firdaus - Rusli Effendi, Lukman Edy- Hardianto.

Tiga Balon Bupati dan Wakil Bupati masing-masing Rosman Malomo - Mus Mulyadi, M Wardan-Syamsudin dan Ramli Walid- Ali Azhar.

Sumber Antarariau.com 



BERITA LAINNYA
Ini Hasil Pencabutan Nomor Urut Calon Gubernur Riau
Selasa, 13 Februari 2018 | 13:39:23
BERIKAN KOMENTAR