• Home
  • Rohil
  • MCK di Pajak Baru Ditinjau Lurah Bagan Batu Maris Siregar : Saya lihat ini sudah 80 persen, mudah - mudahan segera selesai
Senin, 13 November 2017 | 15:34:29

MCK di Pajak Baru Ditinjau Lurah Bagan Batu Maris Siregar : Saya lihat ini sudah 80 persen, mudah - mudahan segera selesai

Lurah Bagan Batu Kota, H Maris Siregar bersama Staf Kantor Lurah dan Ketua Kelompok Swadaya Masyarakat serta pekerja poto bersama, Senin (13/11/17).
Rohil, Pesisirnews.com - Pembangunan MCK (Mandi Cuci Kakus) Pajak Baru di Kecamatan Bagan Sinembah, Rohil, mendapat peninjauan langsung oleh Lurah Bagan Batu beserta stafnya, Senin (13/11/17) pagi tadi.

Dalam tinjauannya, Lurah meminta kepada Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) yang mengerjakan proyek tersebut agar benar benar mengerjakannya sesuai dengan ketentuan.

Saat dilakukannya peninjauan tersebut, ia mengaku ingin melihat persentase pembangunan sekaligus memastikan agar pengerjaannya sesuai dengan ketentuan.

"Saya lihat ini sudah 80 persen, mudah - mudahan segera selesai, agar segera dapat digunakan masyarakat, " harap Lurah Bagan Batu Kota, H Maris Siregar beserta stafnya saat meninjau lokasi.

Diakui lurah, memang saat ini sudah ada beberapa MCK di wilayah Pajak Baru tersebut, namun jika bertepatan dengan aktivitas pasar pada hari Minggu, MCK yang ada tidak mencukupi.

Selain itu, pada MCK yang dibangun dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) Tahun 2017 ini juga memiliki sumur bor yang dapat digunakan untuk keperluan warga masyarakat sekitar.

"Ini airnya saya lihat bersih, dan ini juga sebagai keperluan para pedagang yang ada di pasar," terangnya lagi.

Sementara itu, Ketua Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Pandapotan Lumban Toruan, SP menjelaskan bahwa pada MCK ini, selain membangun 1 kamar mandi dan 3 Toilet (2 untuk Wanita dan 1 untuk Pria) serta ditambah satu kamar untuk penjaga MCK.

Dijelaskannya, MCK ini juga dibangun dengan sistem IPAL (Instalasi Pengelolaan Air Limbah) Komunal, yang mana, limbah dari MCK ini tidak dibuang ke lingkungan namun ditampung dengan sistem Komunal.

"Sehingga, MCK ini ramah lingkungan," terangnya. 

Pandapotan Lumban Toruan, SP juga mengatakan bahwa air yang dihasilkan dari sumur bor saat ini sudah dinikmati masyarakat meski pengerjaan MCK belum rampung.

"Tidak lama lagi akan selesai, dan segera sapat dipergunakan untuk kepentingan orang banyak," demikian Maris. (dan/bim)


BERITA LAINNYA
Polres Rohil Gelar Binrohtal dan Pengajian Rutin
Kamis, 2 November 2017 | 12:48:44
Polres Rohil Gelar Sertijab 8 Perwira di Jajarannya
Selasa, 31 Oktober 2017 | 10:44:58
BERIKAN KOMENTAR