• Home
  • Rohul
  • Keliling Kampung Eks Transmigrasi, Bagus Santoso Peringati HUT RI bersama Paguyuban Kuda Lumping Hormat Bendera
Senin, 20 Agustus 2018 | 17:03:22

Keliling Kampung Eks Transmigrasi, Bagus Santoso Peringati HUT RI bersama Paguyuban Kuda Lumping Hormat Bendera

Rohul, Pesisirnews.com - Peringatan HUT ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) hampir seluruh desa menggelar rangkaian perlombaan. Termasuk di Desa eks transmigrasi Sikebau Jaya Kecamatan Rokan 4 Koto Kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau. 

Namun ada yang istimewa setelah malam puncak acara sekaligus rangkaian menyambut kedatangan Bagus Santoso Wakil Ketua Persatuan Pedalangan Indonesia Riau ( Pepadi ) dalam rangka keliling kampung Transmigrasi edisi ke sembilan di suguhkan seni dan budaya tradisional Jatilan Kuda Lumping.

Menjadi catatan, bahwa Pagelaran seni dan budaya hanya milik daerah tertentu yang memang warganya masih mempertahankan seni dan budaya sacara turun temurun.

Di Sekebai Jaya rangkaian malam puncak acara HUT Ke–72 RI dimeriahkan dengan sorak dan tepuk tangan atas penampilan seni Jatilan Kuda Lumping Puji Aji dibawah binaan Mbah Warto dan Man Wasis.  Dengan mementaskan 9 barisan penari dalam puncak mistis serentak hormat bendera sang saka merah putih.

Bagus Santoso bersama Kades Slamet Pohan serta perangkat desa  Yanto. sesepuh dan tokoh masyarakat Trisno Wiyoto, Wasito, Mbah Kadimun, Maskur dan pemuda - menambah meriah dan mistiknya seni Jatilan yang berasal dari Boyolali Solo. Bagus Santoso yang juga Bacaleg DPR RI mengatakan seni Jatilan kuda lumping semakin mendapat tempat di hati masyarakat eks transmigrasi karena menjadi ajang hiburan dan dan komunikasi menyambung peseduluran.

" Seni dan budaya tak akan pernah terhenti dan mati, karena didalamnya ada semangat dan jati diri, maka kewajiban kita bersama melestarikannya " imbuh Bagus.

Selain itu Bagus Santoso menjelaskan, peringatan HUT ke-72 RI ini mengajak warga pada momentum ini untuk mengajak warga mengingat perjuangan para pahlawan yang telah berjasa dalam memperjuangkan Bangsa Indonesia.

"Mari kita tunjukkan semangat dalam membangun desa. Apalagi sekarang zaman teknologi, peran generasi sangat penting dalam mengisi kemerdekaan ini", pungkas Bagus.

Selain Seni jatilan acara puncak HUT RI juga dipertontonkan penampilan remaja dan ibu - ibu  dengan mengadakan senam massal yang memberikan hiburan dan olah raga bahi warga sekampung. (Budi). 



BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR