• Home
  • Sumut
  • PTPN III (Persero) Wilayah Operasional Sumatera Utara dan SPBun Sosialisasi tentang Penyusunan PKB
Selasa, 31 Oktober 2017 | 20:41:04

PTPN III (Persero) Wilayah Operasional Sumatera Utara dan SPBun Sosialisasi tentang Penyusunan PKB

Sumut, Pesisirnews.com - PTPN lll beserta Serikat Pekerja Perkebunan (SPBun) melakukan kegiatan Sosialisasi Perjanjian Kerja Bersama (PKB) di gedung Aula Kelapa Sawit PTPN III Jalan Sei Batanghari No. 2 Medan, Senin (30/10/17) pada pukul 09.00 WIB - 11.30 WIB pagi kemarin yang tampak dihadiri pada kesempatan tersebut yakni SEVP Bidang SDM dan Umum, para tim perumus dari manajemen dan tim perumus dari SPBun PTPN III.

Sosialisasi PKB yang dilakukan oleh jajaran PTPN lll maupun jajaran SPBun tersebut adalah merupakan suatu perjanjian kedua belah pihak antara serikat pekerja atau beberapa serikat pekerja tercatat di instansi yang bertanggung jawab di bidang ketenagakerjaan dengan pengusaha yang memuat syarat-syarat kerja. 

"Yaitu, hak dan kewajiban kedua belah pihak maupun tata cara pembuatan PKB yang telah diatur dalam Permenaker RI No. 28 tahun 2014," papar Herfrik Riyanto pada pers realeasenya via surel, Selasa (31/10/17) petang.

Lanjutnya lagi, PTPN III (Persero) selaku BUMN perkebunan di tanah air yang berada di wilayah operasional Sumatera Utara telah menyusun hingga kesembilan kalinya PKB bersama tim perumus yang telah ditunjuk oleh masing-masing pihak dengan serikat pekerja dalam hal ini SPBun PTPN III. 

"Perlu diketahui, PKB untuk periode 2016-2017 akan habis masa berlakunya pada akhir tahun 2017, oleh sebab itu manajemen PTPN III dan SPBun sama - sama berinisiatif untuk menyegarkan kembali segala macam informasi yang terkait dengan PKB sebagai sumber hukum yang disepakati kedua belah pihak dalam merumuskan kebijakan - kebijakan yang menyangkut tentang pengelolaan sumber daya ketenagakerjaan," ungkap kepala urusan humas PTPN lll tersebut.

Sosialisasi tersebut juga turut dihadiri oleh Agusmidah, dosen dari Fakultas Hukum USU yang merupakan pemateri tunggal dalam acara sosialisasi yang dilaksanakan di Aula Kelapa Sawit PTPN III Jalan Sei Batanghari No. 2 Medan tersebut. 

Dalam penyampaiannya, Agusmidah mengatakan bahwa urutan peraturan di tempat kerja berdasarkan kekuatan hukum yang mengikat adalah peraturan perundang-undangan, PKB dan yang terakhir peraturan perusahaan. "Jadi isi dari PKB haruslah mengikuti ketentuan peraturan heteronom yakni semua jenis peraturan perundangan yang dikeluarkan negara," tegas dosen dari fakultas Hukum USU itu. 

Dari pihak PTPN lll, Gusmar Harahap, SEVP Bidang SDM & Umum, juga memyampaikan kata sambutannya sebelum pelaksanaan sosialisasi, bahwa ia mengharapkan kepada semua tim perumusan PKB baik dari manajemen maupun dari serikat pekerja agar benar-benar memanfaatkan sosialisasi pembuatan PKB. 

"Agar dapat membangun perubahan yang lebih baik lagi untuk kemajuan perusahaan," harap Gusmar Harahap. 

Pada kesempatan itu, hal yang sama juga diutarakan oleh Orchard Perangin - angin, Ketua Umum SPBun PTPN III, bahwa dengan diundangnya pembicara ahli dari kalangan akademisi. 

"Hal ini terkait dengan updating pengetahuan untuk pembuatan aturan kesepakatan antara serikat pekerja dan manajemen akan sangat bermanfaat untuk menambah pemahaman bagi semua tim perumus dan semoga sukses," demikian harap Orchard Perangin - angin, Ketua Umum SPBun PTPN III. (dan/bim). 


BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR