Pesisirnews.com - Personil Polisi asal Polres Sarolangun, Polda Jambi, Ucok Hans Simangunsong, kembali mengunggah videonya di akun facebooknya saat beraksi.

Namun tidak beraksi menangkap penjahat, tetapi mengibur masyarakat dengan bergoyang.

Pria yang terkenal karena aksinya bernyanyi lagu Mandarin, bergoyang diiringi lagu tenar yang dinyanyikan Siti Badriah, Lagi Syantik.

Aksinya pun kali pun berlangsung di sebuah warung makan di pinggir jalan. Dimana dia bertemu seorang anak kecil yang sedang mengamen.

Dengan melenggokkan tangan dan pinggangnya, dia pun mengajak anak kecil yang sedang mengamen dan semua warga yang sedang makan di warung bergoyang.

Aksinya ini pun dia lakukan saat masih berseragam lengkap.

Tak hanya bergoyang, Ucok Hans Simangunsong turut bernyanyi layaknya sedang karaoke, bermodalkan mic yang tersambung ke speaker portabel yang memiliki pemutar musik sendiri.

Peralatan karaoke tersebut dibawa seorang anak kecil, yang sedang mengamen dan bertemu dengannya saat makan malam.

instagram.com/ucokhans_andylau

"Ayo sini kita nyayi bersama, ayok," ujarnya seraya bergoyang. Anak-anak tersebut pun tampak tertawa terbahak-bahak melihat aksi Ucok Hans Simangunsong.

Dalam unggahanya tersebut, polisi yang dijuluki Andi Lau nya Indonesia ini memotivasi anak pengamen Jalanan Nagoya, Kota Batam. Anak ini masih duduk dibangku sekolah dasar kelas V, dan mengamen untuk membantu mencari nafkah untuk orang tuanya.

Warganet pun banyak memberikan apresiasi kepadanya dalam komentarnya, banyak yang meminta dia untuk terus menghibur masyarakat Indonesia.

instagram.com/ucokhans_andylau

Berikut komentar yang dirangkum Tribun Medan

@Hesti : Di pikiran anak kecil ini antara takut sama lucu bgt ini pak polisi. Mungkin dia baru pertama kalinya dia lht polisi kya gni.

Ach Rifai Pakoy : Mantaap. Mski g mmbntu scra materi tp stidakx p.pol ini sdh mmbri mutivasi..Dn smg pemerintah stempat tdk mngabaikan, sgeralah bntu ank ini dmn ank yg shrusx mnikmati msa2 indah mncri ilmu mlah bkerja.. tlonglh pmerintah jgn pda sbuk masalah politik aja bktikan klok visi misi yg anda jnjikan itu bner2 anda tepati.
Kelola

Mieske Andries : Contoh seorng anggota polisi, dekat dengan rakyat, ramah terhadap pengamen jalanan, saluut pkkx bwt pak komandan.

Lantas siapakah Ucok Hans Simangunsong?

Dikutip dari Tribunpontianak.co.id Bripka Ucok Hans Simangungsong blak-blakan tentang cara uniknya bersosialisasi ke masyarakat dengan cara bernyanyi.

Menurutnya cara yang dilakukan ini sejalan dengan program dari Kepolisian Republik Indonesia yang dicanangkan oleh Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian adalah promoter yakni polisi yang profesional, modern dan terpercaya.

"Kemudian tidak terlepas dari pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat. Satu hal yang saya tekankan menghibur masyarakat, sehingga dengan cara unik seperti ini saya menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas,"jelasnya.

Nah, selain menjalankan tugasnya dalam melindungi masyarakat dan mengayomi, namun ia masih saja menyempatkan diri menghibur masyarakat tak hanya melalui media sosial melainkan dari kota satu ke kota lainnya.

Tentu kesempatan ini pula diakuinya untuk untuk bersosialisasi dan menaikkan citra polisi di mata masyarakat Indonesia dan dunia serta menyampaikan pesan kamtibmas.

"Saya kalau diundang kemana-mana baik ke Surabaya, Medan, Pekanbaru, Palembang termasuk ke Kalbar sebelum saya melantunkan lagu-lagu, tetap saya menyampaikan kepada masyarakat untuk kita sama-sama menjaga keamanan, kemudian sama-sama menjaga kamtibmas, kemudian utamanya tidak menggunakan Narkoba,"jelasnya yang baru pertama kali ke Kalbar ini.

Namun demikian bagi Hans, ketenaran yang diraihnya saat ini tidak ingin tergiur untuk menjajal dunia entertainment.

Ia dengan blak-blakan tidak tertarik untuk menjadi artis seperti halnya pendahulunya, Briptu Norman Kamaru, yang mundur dari kepolisian setelah video lip-sync-nya yang menirukan lagu India berjudu Chaiyya Chaiyya, populer.

Hal ini diakuinya sesuai dengan slogan yang ditanamkannya polisi bisa menjadi artis, namun artis belum tentu menjadi polisi.

"Saya tidak ada berniat menjadi artis namun saya siap menghibur masyarakat, karena slogan saya polisi bisa menjadi artis, namun artis belum tentu menjadi polisi,"ujar suami Lihayani Suyinta ini.

Kegemarannya melantunkan lagu-lagu mandarin ini tak hanya sekadar lantunan, melainkan semua lirik demi lirik penggalan lagu yang dinyanyikannya hingga bikin salut.

"Sebenarnya masih banyak lagu-lagu mandarin yang bisa saya lantunkan terutama yang sering dinyanyikan orang,"jelas bapak 2 anak ini.

Namun tak hanya lagu Mandarin saja, Hans mengaku juga piawai menyanyikan lagu-lagu India, Jepang, Korea, Inggris, dan lagu lainnya.

Nah, bagaimana bisa seorang Hans ini bisa dengan fasih menyanyikan lagu-lagu berbahasa Mandarin.

Ternyata kepiawaiannya ini diakuinya sejak duduk di bangku SMA di Rantau Prapat, Sumatera Utara.

"Saya senang lagu-lagu Mandarin ini ceritanya ketika saya sekolah di Kota Medan, saya sekolah di Yayasan Perguruan Panglima Polem, jadi yayasan ini memang dibawah naungan yayasan Budha, jadi kita yang mayoritas terutama muslim memang dibolehkan sekolah disitu namun tidak semua, hanya yang mau saja,"ujarnya.

Saat itu, ia kerap diajak teman-temannya menonton film Andy Lau yang merupakam pemeran film, produser film, pembawa acara, dan penyanyi asal Hong Kong itu.

"Teman-teman dulu sesudah pulang sekolah, suka mengajak menonton Film Andy Lau yang baru, dari soundtrack-sountrack film Andy Lau ini kerap sedih, jadi saya ambil lagunya, kawan-kawan juga kerap membawakan kaset (DVD) Andy Lau ini, jadi ya dipelajari, alhasil begitulah,"ujarnya.

Lantas video saat ia bernyanyi ini kerap diunggah di media sosial baik smule, facebook hingga youtube.

Tak ayal beberapa video yang diunggahnya mendapatkan respon warganet dan pemirsa tanah air.

Bahkan sampai-sampai media asing dari Taiwan dan China pernah heboh dengan aksi anggota yang berdinas di Polres Sarolangun Polda Jambi ini.

Hingga digelar dengan sebutan 'Andy Lau Indonesia' ini karena kemiripan suara keduanya ini, ia mengaku belum pernah bertemu langsung dengan aktor asal Hongkong tersebut. Namun demikian ia berharap keinginannya ini suatu saat dapat terwujud.

"Pingin sih,hanya belum ada jodohnya,"ujarnya seraya berseloroh. Namun belakangan Hans sudah bertemu dengan Andi Lau. Foto pertemuanya dia unggah di Instagram pribadinya.

instagram.com/ucokhans_andylau

Namun demikian, ia mengatakan jika video-video yang dibawakannya ini hanya dilakukan saat jam istirahat kerja serta saat bersosialisasi dengan masyarakat.

"Kemudian hingga viral, namun ketika saya membawakan lagu mandarin dalam keadaan dinas pas jam istirahat, sehingga tidak mengganggu jam dinas, namun sekali-kali saya juga pernah membawakan lagu-lagu mandarin ketika sosialisasi ke sekolah-sekolah hingga universitas dalam memberikan sosialisasi kamtibmas terutama bahaya narkoba,"tukasnya. 

Dengan cara ini dikatakannya diharapkan dapat diterima generasi muda dengan apa yang akan disampaikan.

"Jadi mereka hibur dulu, kalaupun mereka tidak mengerti ya kita jelaskan dahulu ini loh maknanya,"jelasnya.

Maka demikian, kendati mengaku belum sempurna, ia berharap apa yang dilakukannya ini diterima masyarakat luas.

Selain itu untuk menanamkan mindset di masyarakat luas bahwa Polisi itu sahabat masyarakat.

Keberadaannya di tengah masyarakat bukanlah untuk ditakuti.

"Jadi program saya khusus untuk citra kepolisian saya melalui musik saya mencoba mendekatkan diri kepada masyarakat dengan cara humanis dan lebih cinta kepada masyarakat. Karena sekarang polisi tidak perlu ditakuti, karena polisi juga manusia biasa," tutupnya.

Penasaran aksinya yang bahkan sempat hebohkan media internasional mulai dari Taiwan hingga China ini.

Sumber Tribun-Medan.com 

Ini video aksinya.