• Home
  • Wisata
  • Unik, di Yogyakarta Ada Warung Makan untuk Makhluk Halus
Rabu, 24 Januari 2018 | 22:32:28

Unik, di Yogyakarta Ada Warung Makan untuk Makhluk Halus

Kompas.com

Yogyakarta, Pesisirnews.com - Yogyakarta merupakan salah satu kota tujuan wisata di Indonesia. Seiring dengan banyaknya wisatawan yang berkunjung, kuliner di Yogyakarta pun semakin berkembang. Berbagai sajian mulai kuliner tradisional hingga modern banyak di jumpai di Yogyakarta.

Hanya saja warung yang ada di Jl RE. Martadinata, No 7 Wirobrajan, Kota Yogyakarta berbeda dengan yang lainya. Membaca atau mendengar kata warung, tentu yang terbesit di pikiran adalah sebuah tempat yang menjual makanan serta minuman.

Namun berbeda dengan yang ada di jalan, Jl RE. Martadinata, No 7 Wirobrajan, Kota Yogyakarta. Meski sama-sama warung, tetapi yang di jalan, Jl RE. Martadinata, No 7 Wirobrajan tidak menyajikan hidangan menu untuk manusia, melainkan khusus makhluk halus.

Wisatawan dan warga pun tidak akan salah datang mencari menu hidangan untuk manusia, karena pemilik warung memasang spanduk besar bertuliskan " Warung Makanan Mahluk Halus, Mbak WE".

Seperti namanya, warung makanan untuk mahluk halus ini menyediakan berbagai menu seperti bunga Sripah (orang meninggal), Bunga Macan Kerah, leson, syarat-syarat keperluan ritual, dupa/hio, berbagai macam minyak, segala macam ronce Melati dan masih banyak lagi.

Tri Waryanti (47) pemilik "Warung Makanan Mahluk Halus , Mbak WE" menceritakan awalnya yang memulai jualan adalah ibu mertuanya Sujilah Kasmirin.

"Awalnya ibu mertua saya, Sujilah Kasmirin, jualan sudah lama, sekitar 40 tahunan. Saya ini generasi kedua, dari dulu juga tempat bejualanya disini," ujar Tri Waryanti (47) saat ditemui KompasTravel, Selasa (23/01/2018)

Dahulu saat masih ibu mertuanya yang berjualan, belum menggunakan nama "Warung Makanan Mahluk Halus , Mbak WE" . Hanya saja, suaminya, Bambang Siswanto dahulu sering menulis kalimat yang unik ketika warung sedang tutup.

"Dulu belum, tapi kalau sedang tutup suami saya itu suka menulis di depan toko dengan kalimat-kalimat unik, seperti " maaf sedang mengirim bunga ke Irak", atau " Maaf sedang mengirim bunga ke Turki, ya pokoknya yang unik-unik gitu," urainya.

Setelah ibu mertuanya tidak lagi aktif berjualan, dan usaha diteruskan olehnya, suaminya membuat nama yang unik untuk toko dengan "Warung Makanan Mahluk Halus, Mbak WE".

"Suami saya yang menamai ini, kan kita ini jualan bunga untuk roh halus. Dinamainya sudah sekitar 20 tahunan," ucapnya.

Menurutnya pelanggan warung bunga miliknya tidak hanya datang dari Yogyakarta, tetapi juga dari luar kota seperti Jawa Tengah , Jakarta, dan Bandung. Selain orang biasa, yang datang untuk membeli bunga juga artis, kerabat keraton hingga pejabat pemerintahan.

"Yang orang luar kota, itu beli kesini kalau pas ke Yogya ada yang untuk nyekar ke makam, atau keperluan ritual. Artis dan pejabat banyak yang langganan disini, kalau ada cara di keraton, biasanya juga beli disini," ucapnya.

Menurutnya sebelum dinamai "Warung Makanan Mahluk Halus, Mbak WE" pelanggan yang datang ke tempatnya sudah sangat banyak. Sebab, dari penilaian pelanggan, kualitas bunga di tempatnya terjaga.

Tri Waryanti (47) pemilik Warung Makanan Mahluk Halus , Mbak WE saat menunjukan freezer penyimpanan di warungnya

"Di sini kalau menata bunga utuh semua, jadi menjaga kualitas agar bunganya tidak rontok. Selain itu, penyetor bunga, pasti datang kesini dulu sebelum ke toko lain, jadi kita bisa memilih kuantitas yang bagus-bagus," tegasnya.

Setiap hari "Warung Makanan Mahluk Halus, Mbak WE" selalu ramai pembeli. Namun, pembeli akan lebih ramai ketika Jumat Kliwon, Jumat Legi atau saat liburan.

"Sehari bisa laku 5 oncot (Keranjang) lebih, kalau Jumat Kliwon itu bisa sampai 25 oncot, Jumat Legi itu ya 15 Oncot. Harga per oncot ya Rp 70.000, belum dengan Kantil, Kenanga dan Mlati, harganya per itemnya beda lagi," tuturnya.

Pelayanan spesial juga diberikan oleh "Warung Makanan Mahluk Halus , Mbak WE". Bunga bisa diantarkan ke tujuan meski hanya pesan satu oncot.

"Kita ada layanan antar, meski hanya pesan satu oncot. Tidak kita kenai biaya tambahan," ucapnya.

"Warung Makanan Mahluk Halus, Mbak WE" juga dapat dikatakan cukup modern sebab menggunakan freezer dan kulkas untuk menyimpan bunga kenanga, pandan, melati, kantil dan cempaka.

"Dulu kita pakai Boks tapi satu hari terus busuk, dua tahun ini pakai freezer dan coolkas. Sekarang bisa awet sampai 3 hari dan kualitasnya masih terjaga," urainya.

"Warung Makanan Mahluk Halus , Mbak WE" imbuhnya buka setiap hari mulai dari jam 05, 00 Wib pagi hingga pukul 24.00 Wib malam.


Sumber Kompas.com 



BERITA LAINNYA
Ngeri, Ini 10 Kota Paling Berbahaya di Dunia
Sabtu, 21 Juli 2018 | 19:28:59
Empat Negara Bersatu Bela Rendang
Rabu, 4 April 2018 | 14:12:14
Mengenakan tanjak sebagai identitas marwah melayu.
Kamis, 29 Maret 2018 | 13:05:01
Ini Durian Terenak Indonesia Versi Profesor Korea
Sabtu, 17 Februari 2018 | 19:28:18
Cara Kenali Durian Matang Tanpa Perlu Ketipu Penjual
Selasa, 2 Januari 2018 | 15:08:31
Stand Kominfo PS Inhil Jadi Salahsatu Stand Favorit
Kamis, 9 November 2017 | 15:10:24
BERIKAN KOMENTAR