• Home
  • Advertorial
  • Bupati Rohil Suyatno Ajak Masyarakat Kompak, Wujudkan Rohil Maju, Mandiri Dan Se

Advetorial

Bupati Rohil Suyatno Ajak Masyarakat Kompak, Wujudkan Rohil Maju, Mandiri Dan Sejahtera.

Haikal Kamis, 07 November 2019 21:10 WIB
Budi M

mi

Rokan Hilir - Bupati Rohil H Suyatno AMp mengajak seluruh masyarakat Rohil untuk selalu kompak dan mendukung seluruh program yang di buat Pemerintah Rohil untuk mewujudkan Kabupaten Rohil yang maju, mandiri dan sejahtera masyarakatnya.

Sebagai kabupaten yang dibentuk pascareformasi, Rohil mendapatkan berkah yang luar biasa dengan menjadi salah satu kabupaten pemekaran merujuk pada UU Nomor 53 Tahun 1999 tentang Pembentukan Kabupaten di Propinsi Riau.

Berlandaskan semangat para pendiri Kabupaten Rohil untuk memajukan Rohil yang baru dimekarkan ini, serta aspirasi yang berkembang dari masyarakat, hal ini dipandang perlu meningkatkan penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, dan pembinaan kemasyarakatan guna menjamin perkembangan dan kemajuan ke depan serta kesejahteraan masyarakat Rohil.

Semangat untuk kemajuan Rohil ini dapat dicapai secara luas guna mendorong peningkatan pelayanan di berbagai bidang pemerintahan,
termasuk melakukan pembangunan di tengah kemasyarakat, serta terus meningkatkan kemampuan dalam pemanfaatan potensi daerah untuk menyelenggarakan otonomi daerah,ditambah lagi dengan perkembangan jumlah penduduk yang terus meningkat, luas wilayah, potensi ekonomi, sosial budaya, sosial politik, dan meningkatnya beban tugas serta volume kerja di bidang penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan di Rokan Hilir.

Memasuki usia ke 20 ini, Kabupaten yang berjuluk Negeri Seribu Kubah ini terus berbenah dan melakukan inovasi di berbagai bidang dan terus berupaya meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM), 20 tahun tentunya bukan waktu yang singkat sebagai sebuah daerah pemekaran, yang ditandai dengan telah berlangsungnya beberapa kali suksesi kepemimpinan daerah. Begitu juga periodesasi di lembaga DPRD Rokan Hilir serta sampai pada tingkat kepenghuluan/desa yang ada. Dengan rentang usia yang ada telah nampak pembangunan yang berjalan dengan pesat dan terus melakukan inovasi guna memberikan dan meningkatkan pelayanan kepada msyarakat.

Keberadaan Kabupaten Rokan Hilir yang sudah mencapai usia 20 tahun bermakna konstruktif bagaimana bisa melihat pada konteks masa lalu, adanya mata rantai sejarah untuk dapat dijadikan referensi sekaligus landasan agar berbuat yang lebih baik lagi ke depannya.

Di usia ke 20 tahun ini wajib syukuri,dengan semangat kebersamaan serta termotivasi untuk mengisi pembangunan di daerah dengan berbagai karya, prestasi yang membingkai catatan perjalanan ke depan dengan kerja produktif dan harapan optimis untuk masa depan yang lebih baik," kata Bupati Rohil H Suyatno Amp saat memberikan kata sambutan HUT Rohil Ke-20 lalu.

Dikatannya lagi,Pembangunan yang dijalankan saat ini menurutnya berbasis penguatan pemberdayaan desa dari partisipatif masyarakat, dalam hal ini Pemerintah telah mendesain bagaimana pemberdayaan untuk Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dengan prinsip bahwa desa merupakan subordinat terkecil daerah maka alokasi dana desa diupayakan meningkat melalui penyertaan modal.

Menurut Suyatno apa yang ditetapkan dalam visi misi Rohil dijabarkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) yang berjalan pada arah yang benar, diindikasikan dengan diperolehnya predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) opini tahun 2018 dari BPK RI.

Bupati mengungkapkan berpijak pada tiga landasan yuridis pembangunan maka terbagi pada Rencana pembangunan jangka panjang daerah 2016-2021, selanjutnya Rencana Pembangunan Jangka Menengah yang ditetapkan sesuai Perda Nomor 2 Tahun 2017 dan RKPD Rokan Hilir penyelenggaraan pembangunan ditujukan untuk mencapai visi sebagaimana tertuang dalam RPJMD tersebut.

Yakni terwujudnya Rokan Hilir sebagai kawasan industri menuju Masyarakat yang mandiri dan sejahtera, untuk impelementasi program kegiatan itu seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) yang terus melakukan program di lapangan untuk kesejahteraan masyarakat Rohil.

Sebagai salah satu program prioritas untuk meningkatkan pembangunan di Rohil salah satunya dengan membangun Sumber Daya Manusia yang dapat memacu kemajuan Kabupaten Rokan hilir.

Berbagai upaya telah dilakukan Pemerintah Kabupaten Rokan hilir oleh duet pemimpin hasil pilihan langsung masyarakat Rohil ini diantaranya dengan membangun sarana pendidikan serta memberikan bea siswa bagi siswa berprestasi untuk melanjutkan pendidikan di jenjang universitas ternama di Riau.

Hal ini di wujudkan dengan pembangunan sarana prasarana pendidikan dapat dilihat langsung dari banyaknya sekolah yang telah dibangun,tercatat pada tahun ajaran 2019 ini di Kabupaten Rokan Hilir terdapat hampir 900 sekolah saat ini.

Untuk saat ini ada 181 lebih Taman Kanak-Kanak, 428 SD, 226 SLTP dan 60 SMU/sederajat. Sebagian besar sekolah berstatus sekolah negeri yaitu sejumlah 390 (39,18 persen) yang terdiri dari 16 TK, 277 SDN, 65 SLTPN, serta 32 SLTA Negeri.

Sedangkan sekolah dengan status swasta terdiri dari 165 TK, 142 SD, 141 SLTP dan 28 SMU. Sedangkan jika dilihat dari penyebaran lokasi sekolah TK hingga SMU baik negeri maupun swasta yang berjumlah hampir 900 sekolah,dan Kecamatan Bagan Sinembah memiliki sekolah terbanyak sejumlah 159 sekolah lebih.

Untuk menggesa mutu pendidikan ini,Pemkab Rohil melalui Dinas Pendidikan terus menggesa pembangunan sekolah unggul untuk mengembangkan dan meningkatkan dunia pendidikan di kabupaten Rokan Hilir.

"Untuk mewujudkan Pendidikan Rohil maju secara kuantitas dan kualitas, baik tenaga pengajar dan anak-anak yang diajarkan harus lebih meningkat setiap tahunnya dan menjadi yang terbaik di Propinsi Riau, ditambah lagi seluruh kepala sekolah di targetkan harus bekerja maksimal guna memberikan yang terbaik buat mutu pendidikan pelajar dan dengan sendirinya SDM pasti meningkat dan ini harapan kita," harap Suyatno.
Target prestasi pendidikan di Rohil,harus menjadi yang terbaik di Propinsi riau baik dari segi kualitas dan kuantitas untuk melakukan upaya peningkatan mutu pendidikan dengan memperketat seleksi penerimaa guru dan untuk prestasi anak didik dan SDM Pemkab Rohil bekerja sama dengan 4 Perguruan Tinggi seperti ITB,UNRI,Fakultas Kedokteraan,
PPLITEKNI CPI dan UGM setiap tahunnya mengirim 20 siswa.

"Kunci proses pembelajaran yang baik dan benar di sektor pendidikan adalah peran para guru dan saat ini siswa kita ada yang berprestasi di tingkat nasional maupun internasional yang kedepan menjadi SDM yang Handal untuk mewujudkan Rohil yang maju, mandiri dan sejahtera," terangnya.

Sementara di bidang kesehatan untuk masyarakat di seluruh pelosok desa,saat ini tengah di gesa pembangunannya baik sarana dan prasarannya termasuk dengan memberikan pelayanan kesehatan terbaik untuk masyarakat salah satunya pembangunan Puskesmas termegah di tengah kota Bagansiapiapi dan di Sinaboi,di tambah lagi dengan keberadaan 132 Polindes dari 173 kepenghuluan, dan 100 persen puskesmas di 18 kecamatan se-Rokan Hilir.

Sedangkan untuk kualitas kesehatan air bersih telah dianggarkan sekitar Rp29 miliar yang diwujudkan dalam program sarana prasarana Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Dumai. Rokan Hilir, Bengkalis (Durolis) yang dipusatkan di Tanah Putih Tanjung Melawan, Rimba Melintang dan Kecamatan Bangko Pusako.

Di bidang inspratruktur baik jalan maupun bangunan saat ini terus di gesa pembangunannya salah satunya jalan menuju kota Bagansiapiapi dari Ujung Tanjung saat ini dalam pengerjaan melalui dana APBN yang dijadwalkan akhir 2019 ini selesai pengerjaannya begitu juga jalan akses lainnya yang saat ini menjadi program prioritas dengan tujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat ditambah lagi jalan tembus Sinaboi menuju Kota Dumai serta akses jalan Panipahan menuju Kabupaten Labuhan Batu terus digesa sehingga dapat membuka ruang bagi masyarakat untuk berinteraksi dengan masyarakat di Kabupaten kota.

"Sehingga dapat terwujud Rohil yang maju, mandiri dan sejahtera ini harapan kita bersama dan yang paling membanggakan Rohil saat telah mampu berprestasi di berbagai bidang," pungkas Bupati Pilihan di Negeri Seribu Kubah.
(Advetorial/Budiman)
Tags MerantiSeleb

Berita Terkait

Komentar

Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.

FB Comments