Advertorial

Bupati Sukiman Video Conference dengan Camat Se Rohul Pastikan Penanganan Covid-19

pesisirnews.com pesisirnews.com
Bupati Sukiman Video Conference dengan Camat Se Rohul Pastikan Penanganan Covid-19
PasirPengaraian.Pesisirnews.comUntuk memastikan perkembangan dan penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) ditingkat Kecamatan, Bupati Rokan Hulu (Rohul) H. Sukiman melakukan Video Conference (Vicon) dengan 16 Camat se Rohul, yang digelar di Rumah Dinas Bupati Rohul, Pasir Pengaraian, Rabu (15/4/2020).


Dalam Vicon tersebut, Bupati Sukiman didampingi Sekda Rohul H. Abdul Haris S.Sos M.Si, Kadis Kominfo Rohul Drs Yusmar M.Si, Asisten I M. Zaki SSTP, Kadiskes Rohul dr Bambang Triono, Kadis DPMPD Rohul Margono S.Sos M.Si, Kaban BKPP Rohul H. Fhatanalia Putra S.Sos dan Kabag Tapem Ervan Dedi Sanjaya S.STP.


Bupati Sukiman mengaku tujuan dilakukan video conference ini untuk mengetahui kondisi terkini dimasing-masing Kecamatan dalam upaya mengantisipasi dan pencegahan penyebaran Covid-19.


Dalam kesempatan tersebut, Bupati Sukiman menyampaikan bahwa dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19 di Kabupaten Rohul perlu keterlibatan seluruh pihak termasuk Kecamatan, Pemerintah Desa dan kelurahan.


"Untuk itu secara bersama-sama melakukan dalam penanganan Covid-19 yang saat ini semakin mewabah. Kita patut bersyukur angka ODP selesai pemantauan atau sehat sudah mencapai 77 % dan 4 PDP sudah sehat dan pulang kerumahnya, sedangkan pasien Positif semakin hari semakin membaik," katanya


Selain itu, Bupati Sukiman juga meminta kepada Camat untuk meningkatkan kerjasama dengan Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan serta ormas untuk mensosialisasikan imbauan dari pemerintah terkait langkah-langkah yang harus dilakukan dalam memutus mata rantai penularan virus corona.


Lebih lanjut kata Bupati, Pemerintah melalui gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 sudah melakukan screening di setiap perbatasan melalui pemeriksaan suhu tubuh setiap warga yang masuk ke Rohul.


Dalam kesempatan tersebut, masing-masing Camat melaporkan secara singkat kondisi terkini dari wilayah masing-masing dan upaya-upaya yang telah dilakukan selama ini dalam mencegah penularan virus corona, terutama Kecamatan yang berada di daerah perbatasan.


Pada umumnya, Camat se Rohul telah melakukan upaya dalam pencegahan Covid-19, seperti Penyemprotan Disinfektan, Sosialisasi, mendirikan posko, menyediakan tempat cuci tangan di tempat umum, membentuk Relawan Covid-19 di Desa-Desa, memproduksi APD dan Masker bekerjasama dengan PKK Kecamatan dan Desa.


Dikesempatan itu, Bupati Sukiman juga memastikan kesiapan posko didaerah perbatasan. Untuk daerah perbatasan di Tambusai Utara, Camat Tambsuai Utara Mastur S.Sos M.Si mengaku telah mendirikan Posko di KM 24 berbatasan dengan Labusel, Posko di KM 11 berbatasan dengan Kabupaten Rohil.


Selain itu, Posko pemantauan juga dibangun di desa-desa. Terkait TKI dari Malaysia dan Jepang masuk dalam ODP, sementar berdasarkan hasil Rapid Tes 2 Pasien PDP juga telah dinyatakan negatif.


Sementara perbatasan didaerah Kecamatan Tandun, Camat Tandun M.Rodi S.Sos mengaku Posko screening di simpang TB berjalan sebagaimana biasanya. Namun sejak Kota Pekanbaru memberlakukan PSBB, orang yang masuk ke Rohul meningkat tajam, sehingga 135 orang yang masuk ke Rohul langsung masuk ODP dan ini jumlah yang tertinggi.


Plt Camat Bonai Darussalam Setyono mengatakan diwilayahnya juga sudah membangun 3 Posko didaerah perbatasan yaitu di Desa Rawa Makmur, Desa Bonai perbatasan dengan Kab. Bengkalis dan Desa Pauh berbatasan dengan Kab. Siak. Untuk akses transportasi Jalinprov Sontang-Duri terputus karena banjir.


Sementara itu, Posko didaerah Tambusai Barat yang berbatasan dengan Padang Lawas, Camat Tambusai Muammer Ghadafi S.Sos mengaku telah berkoordinasi dengan pihak Pemerintah Padang Lawas dan langkah-langkah untuk mengatasi Covid-19 telah dilakukan.


Bupati Sukiman mengucapakan terima kasih kepada Camat atas laporannya terkait pencegahan dan penanganan Covid-19 di Kecamatannya masing-masing. Semuanya sudah bekerja dengan baik dalam melaksanakan tugasnya penuh keihlasan. Ia meminta kepada Camat untuk terus berkoordinasi dengan Upika dan turun ke desa-desa untuk mensosialisasikan kepada masyarakat.


"Saya minta kepada Camat terus lakukan deteksi dini penyebaran Covid-19. Camat harus betul-betul mengawasi wilayahnya masing-masing, mengawasi tamu yang masuk utamanya warga yang datang dari kota besar yang sudah terinfeksi virus corona atau zona merah," harap Bupati


Terkait pemanfaatan dana desa untuk sembako, Bupati Sukiman menghimbau kepada Camat mengingatkan Kepala Desa untuk memanfaatkan dana desa sesuai kebutuhan. "Kepada kepala desa manfaatkan dengan sebenarnya, jangan sampai terjadi hal yang tidak kita inginkan, lebih baih baik mengingatkan dari pada terjadi permasalahan hukum dikemudian hari," katanya. (Adv/Diskominfo/ace)

Penulis: Haikal

loading...