Advertorial

Pilkada Meranti, Hanya Dua Pasangan Calon yang Mendaftar


Pilkada Meranti, Hanya Dua Pasangan Calon yang Mendaftar
foto: ist
KPU Meranti saat menyambut kedatangan para bakal calon bupati yang ingin mendaftar.
MERANTI, PESISIRNEWS.COM - Prosesi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kepulauan Meranti sudah dimulai, tahap pertama diawali dengan pendaftaran Bakal Calon (Balon) Pilkada yang sudah dibuka KPU sejak 26 hingga 28 Juli 2015.

Untuk memastikan proses tersebut, Sekretaris Daerah (Sekda) Meranti Drs Iqaruddin MSi, melakukan peninjauan ke KPU Meranti dan berkesempatan menyambut pasangan Balon Bupati dan Wakil Bupati yakni T Mustafa SST MT-Amyurlis alias Ucok, di Kantor KPU Meranti, Jalan Dorak Selatpanjang, Senin (27/7/2015) lalu.

Sebelum menyerahkan berkas pendaftaran, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Meranti Yusli menjelaskan prosesi Pilkada Meranti yang dimulai dengan tahap pendaftaran Balon Bupati dan Wakil Bupati yang dimulai tanggal 26-28 Juli 2015. Namun jika tidak memenuhi maka akan diberi penambahan waktu selama tiga hari sembari melakukan sosialisasi media.

"Jika belum memenuhi 2 pasangan calon, maka KPU akan melakukan penambahan waktu 3 hari sambil sosialisasi ke media, namun jika tidak juga memenuhi paling tidak 2 pasangan calon maka Pilkada Meranti diundur sampai 2017," terang Yusli, yang berharap prosesi Pilkada berjalan dengan lancar.

Lebih jauh dijelaskannya, setelah prosesi pendaftaran Balon selesai, maka tahapan selanjutnya, Balon diwajibkan memeriksa kesehatan di RSUD Arifin Achmad dengan membawa surat dari KPU yang dimulai tanggal 31-1 Agustus 2015 yang dimulai sejak pukul 7.30 Wib, dan penetapan pasangan calon tanggal 24 Agustus 2015 dan Pengundian Balon 25 Agustus 2015.

"Kita berharap semua prosesi Pilkada Meranti berjalan aman, lancar, dan damai serta menghasilkan pimpinan idaman masyarakat," ungkap Iqaruddin.

Sementara itu, untuk pasangan Irwan Nasir-Said Hasyim, Selasa (28/7/2015) pagi tadi telah mendaftar di KPU Meranti, dan Pasangan inipun diterima langsung oleh Ketua KPU Kepulauan Meranti Yusli SE.

Mereka tiba di KPU sekitar pukul 08:50 WIB, dengan iringan kompang dan pengalungan bunga. Setelah selesai acara di halaman depan kantor KPU, ke dua pasangan dipersilahkan masuk, dan sebelumnya masuk ke ruang pendaftaran, sebagaimana prosedur KPU yakni, setiap tamu harus menanda tangani buku tamu, dan Pasangan Irwan Nasir-Said Hasyim ini pun melakukannya.

Di dalam ruangan pendaftaran dan verifikasi data, Yusli SE menyampaikan beberapa hal penting terkait peraturan KPU Nomor 9 Tahun 2015 Tantang Pemilihan Gubernur, Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati atau Wali Kota- Wakil Wali Kota.

Setelah selesai pendaftaran, pasangan Irwan Nasir-Said Hasyim diterima. Namun ditegaskan Yusli SE, bahwa sebelum dinyatakan sah semua calon yang sudah mendaftar, akan diperiksa kesehatannya di RSUD Arifin Ahmd, Pekanbaru, Riau, dalam waktu dekat atau waktu yang sudah ditentukan.

Ditegaskan pula sama Yusli, bahwa setiap calon akan menerima surat pengantar dari KPU yang ditunjukan kepada RSUD tersebut. "Dan harus bawa makanan masing-masing setiap calon," jelas Ketua KPU. (adv)



KPU Meranti persiapan menyambut bakal calon bupati yang akan mendaftar.


Pasangan Balon Bupati dan Wakil Bupati Irwan Nasir-Said Hasyim, saat tiba di Kantor KPU Meranti Jalan Dorak Selatpanjang, Selasa (28/7/2015) lalu.


Pasangan Balon Bupati dan Wakil Bupati Irwan Nasir-Said Hasyim menandatangani buku tamu.


Pasangan Balon Bupati dan Wakil Bupati T Mustafa SST MT-Amyurlis alias Ucok menandatangani buku tamu.


Proses pendaftaran T Mustafa SST MT-Amyurlis alias Ucok.


Pasangan Irwan Nasir-Said Hasyim, saat diwawancarai oleh awak media.


Penulis:

loading...