Advertorial

Wakil Gubernur Riau resmikan rumah adat Mandailing Rokan Hulu.

pesisirnews.com pesisirnews.com
Wakil Gubernur Riau resmikan rumah adat Mandailing Rokan Hulu.

Pesisirnews.com- Pasirpangaraian, Wakil Gubernur Riau, Brigjen (purn) H Edy Afrizal Natar Nasution ,S.Ip dan Bupati Rohul, H Sukiman,meresmikan rumah adat Mandailing (Bagas Godang) Dalihan Natolu sekaligus pengukuhan kerapatan adat Huta Haiti, Rabu (9/1/2020) di Desa Rambah Tengah Barat, Kecamatan Rambah, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul).

BACA JUGA :Bayi-Yatim-2-Tahun-Penderita-Leukemia-Di-Tembilahan-Butuh-Uluran-Tangan

Turut hadir dalam acara tersebut Dandim 0313/KPR Letkol Inf Aidil Amin SIP yang di wakili Pabung Rohul Kodim 0313/KPR Kapten Inf Yuhardi,serta Kapolres Rohul, AKP Dasmin Ginting, SIK, Ketua DPRD Kabupaten Rokan Hulu, Novliwanda Ade Putra, SE, Sekretaris Daerah Rohul, Abdul Haris, M, Si Kadis, Kajari Rohul, Freddy Simanjuntak, Kalapas Kls IIB, Lukman, LAM Rohul serta tokoh adat dan masyarakat setempat.

BACA JUGA :Kapolres-Kampar-Beri-Arahan-dan-Pembinaan-kepada-Para-Kanit-dan-Anggota-Bhabinkamtibmas

Bupati Rohul, H Sukiman mengatakan akan terus melaksanakan pembangunan di Kabupaten Rohul.

"Kami tetap memperhatikan masyarakat adat yang dibuktikan dengan pelatihan pengembangan, memajukan seni dan budaya sampai kepada pembinaan pada kelembagaan adat yang ada di tengah masyarakat," jelas H Sukiman

Bupati Rohul juga berpesan kepada masyarakat setempat untuk merawat dan memelihara bangunan rumah adat Mandailing tersebut.

"Mudah untuk membangun tapi sulit untuk merawatnya," jelas Sukiman

Bupati Rohul itu juga berharap kelembagaan kerapatan adat Huta Haiti Sudi menjadi jembatan antara masyarakat adat dengan pemerintah, sehingga dapat memberikan sumbangsih dan pemikiran positif dalam rangka mengatasi persoalan yang ada di daerah tersebut.

[ADNOW]

Sedangkan Edy Afrizal Natar Nasution mengucapkan terima kasih atas perhatian yang diberikan pemerintah Kabupaten Rohul terhadap lingkungan di sekitar rumah Godang Dalihan Natolu Huta Haiti.

Dalam kesempatan itu Edy Natar juga menceritakan secara jelas asal-usul suku Mandailing yang ada di Kabupaten Rohul.

[MGID]

Peresmian rumah adat ini ditandai dengan penandatanganan Wakil Gubernur Riau dan Bupati Rohul terhadap Rumah adat Mandailing.(adv/kominfo Rohul/acce)

Penulis: Haikal

loading...