Advertorial

Bupati Inhil HM. Wardan Serahkan Buku LKPJ Tahun 2021 kepada DPRD Inhil

Anjar Anjar
Bupati Inhil HM. Wardan Serahkan Buku LKPJ Tahun 2021 kepada DPRD Inhil


TEMBILAHAN (Pesisirnews.com) - Bupati Indragiri Hilir (Inhil) HM. Wardan menghadiri Rapat Paripurna ke-6 Masa Persidangan 1 tahun Sidang 2022 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Inhil yang beragendakan penyampaian Pidato Pengantar Bupati Inhil Terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Inhil tahun 2021, Kamis (14/4/2022).

Rapat Paripurna dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Inhil H. Andi Rusli dan dihadiri Bupati Inhil, Ketua dan wakil ketua DPRD Inhil, unsur Forkopimda, Sekda, Asisten, Kepala OPD, Kepala Kantor/Badan Pemkab Inhil serta 24 dari 45 Anggota DPRD Inhil.

Pada pidatonya Bupati Inhil HM. Wardan menyampaikan bahwa dalam pengelolaan pendapatan daerah Kabupaten Inhil selalu berupaya meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dalam upaya mengurangi tingkat ketergantungan terhadap penerimaan dari Pusat.

Adapun strategi yang digunakan dalam peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yakni dengan mengoptimasi penerimaan dana perimbangan serta berbagai penerimaan yang sah sesuai dengan prinsip-prinsip penyelenggaraan pemerintahan daerah.

Pada kesempatan tersebut Bupati Inhil HM. Wardan juga memaparkan rincian dan realisasi anggaran pembangunan daerah selama tahun 2021, yakni:

- Pendapatan Daerah ditargetkan 1,991 Triliun, teralisasi 1,974 Triliun atau sebesar 99,15 persen.

- Belanja Daerah di tahun 2021 direncanakan sebesar 2,106 triliun rupiah, terealisasi sebesar 1,876 triliun rupiah atau sebesar 89,08 persen.

- Pembiayaan Daerah

Tahun 2021 untuk menutup defisit dan surplus pendapat daerah terhadap belanja daerah, di mana penerimaan pembiayaan dianggarkan sebesar 114,397 miliar rupiah, terealisasi sebesar 116,209 miliar rupiah atau sekitar 101,58 persen.

Ditahun 2021 Pemkab Inhil mendapatkan apresiasi dan prestasi penghargaan diantaranya: IGA Award, KI Award, dan Anugerah Standar Kepatuhan Pelayanan Publik dari OMBUDSMAN.

Dikarenakan waktu pembahasan hasil penyampaian LKPJ sudah mepet, Bupati Inhil menginstruksikan secara langsung kepada Kepala OPD di lingkungan Pemkab Inhili untuk dapat mengikuti dan membahas secara bersama-sama dengan DPRD Inhil. (PNC/pop)

Penulis: Popi Andriko

Editor: Anjar