Advertorial

Komisi II DPRD Provinsi Riau Melakukan Kunjungan Observasi ke Disperindag Provinsi Kepri

Anjar Anjar
Komisi II DPRD Provinsi Riau Melakukan Kunjungan Observasi ke Disperindag Provinsi Kepri

BATAM (Pesisirnews.com) - Wakil Ketua DPRD Provinsi Riau Syafaruddin Poti, bersama Komisi II DPRD Provinsi Riau melakukan kunjungan observasi ke Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) terkait kebijakan dalam pengendalian dan pengawasan harga bahan pokok saat bulan Ramadan tahun 2022, Jumat (8/4/2022).

Kunjungan ini dipimpin oleh Ketua Komisi II DPRD Provinsi Riau Robin P. Hutagalung, didampingi Wakil Ketua Komisi II DPRD Provinsi Riau M. Arpah, dan Anggota Komisi II DPRD Provinsi Riau lainnya yaitu Manahara Napitupulu, dan Dona Sri Utami.

Rombongan tersebut diterima oleh Kepala Disperindag Provinsi Kepri Aries Fhariandi, dan Staf Ahli Kepri Budi Harto.

Pada kesempatan ini, Aries Fharianda menjelaskan ada beberapa hal yang harus dipastikan terkendali yaitu kesediaan pasokan dan kestabilan harga. Apabila kedua masalah tersebut teratasi maka harga bahan pokok akan stabil.

“Percuma harga murah jika barang tidak ada, memastikan stok aman itu tidak mudah. Kami harus mengontrol dari hulu sampai ke hilir dari produsen sampai ke masyarakat melalui laporan data stok dan data harga melalui perwakilan di 7 kab/kota se-Provinsi Kepulauan Riau. Kemudian laporan harga dari mereka diolah menjadi keluaran harga rata-rata untuk Provinsi Kepulauan Riau,” jelasnya.

Aries juga menambahkan Disperindag Provinsi Kepri selalu berkoordinasi ke tingkat pemerintah pusat untuk melihat kondisi stok ditingkat pusat. Jika pasokan aman, baru bisa dilakukan pengendalian harga.

Lebih lanjut, Aries mengatakan untuk menjaga kestabilan harga pihaknya bersama Satgas pangan di Polda, melakukan pengawasan di tingkat kab/kota dan pelaku usaha selalu menjalin koordinasi dan komunikasi, serta menjaga kelancaran distribusi sehingga harga bisa dikendalikan.* (adv)

Penulis: Kavila Somarito

Editor: Anjar