Artikel

10 Negara Paling Damai Tahun 2021, Afghanistan Masih Menjadi Negara Paling tidak Damai di Dunia


10 Negara Paling Damai Tahun 2021, Afghanistan Masih Menjadi Negara Paling tidak Damai di Dunia

Ilustrasi: (BBC)

Pesisirnews.com - Global Peace Index (GPI) baru-baru ini merilis 10 negara paling damai di dunia tahun 2021 dari 163 yang diukur tingkat kedamaiannya.

Dilansir dari reliefweb.int, laporan ini adalah edisi ke-15 dari Global Peace Index yang menyajikan analisis berbasis data yang paling komprehensif hingga saat ini tentang tren perdamaian, nilai ekonominya, dan bagaimana mengembangkan masyarakat yang damai.

GPI mencakup 99,7 persen populasi dunia, menggunakan 23 indikator kualitatif dan kuantitatif dari sumber yang sangat dihormati, dan mengukur keadaan damai di tiga domain: tingkat Keselamatan dan Keamanan Masyarakat, tingkat Konflik Domestik dan Internasional yang Berkelanjutan, dan derajat militerisasi.

Hasil tahun ini menunjukkan bahwa tingkat rata-rata perdamaian global memburuk sebesar 0,07 persen.

Ini adalah penurunan kesembilan dalam kedamaian dalam tiga belas tahun terakhir, dengan 87 negara membaik, dan 73 mencatat penurunan; namun, perubahan skor adalah yang terkecil kedua dalam sejarah indeks.

GPI 2021 mengungkapkan dunia di mana konflik dan krisis yang muncul dalam dekade terakhir mulai mereda, hanya untuk digantikan dengan gelombang baru ketegangan dan ketidakpastian sebagai akibat dari pandemi Covid-19 dan meningkatnya ketegangan di antara banyak negara kekuatan utama.

Islandia tetap menjadi negara paling damai di dunia, posisi yang telah dipegangnya sejak 2008.

Islandia bergabung di puncak indeks bersama Selandia Baru, Denmark, Portugal, dan Slovenia.

Halaman :
Penulis:

Editor: Anjar