Artikel

100 Peringkat Universitas di Tanah Air Tahun 2021: UI Digeser UGM, UNRI di Peringkat Keberapa?

Anjar Anjar
100 Peringkat Universitas di Tanah Air Tahun 2021: UI Digeser UGM, UNRI di Peringkat Keberapa?

Universitas Riau. (Ayu Kinanti/Google)

Pesisirnews.com - Setiap tahun Lembagapemeringkatan universitas, Webometrics, merilis daftar universitas terbaik di dunia. Lembaga ini merangking lebih dari 30.000 perguruan tinggi dari 200 negara.

Ada tiga indikator yang digunakan Webometrics dalam menilai dan menentukan ranking universitas terbaik di dunia. Indikator tersebut diantaranya adalah visibility atau impact, tranparency atau openness, dan excellence.

Dilansir dari situs resmi Webometrics, tahun 2021 terjadi pergeseran peringkat universitas di Indonesia. Tahun ini, Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasil menjadi universitas terbaik pertama menggeser Universitas Indonesia yang berada di peringkat ke-2. Sedangkan di peringkat dunia, UGM berada diposisi 810.

Di tahun 2020, UGM menempati posisi keenam terbaik di Indonesia. Sedangkan posisi pertama diraih oleh Universitas Indonesia.

Sementara Universitas Riau (UNRI) tahun ini berada diposisi 31 dari 2627 univeristas negeri dan swasta di seluruh Indonesia yang ada dalam data Webometrics.

Halaman :
Penulis: Anjar

Editor: Anjar

mgid.com, 340009, DIRECT, d4c29acad76ce94f
loading...
loading...