Artikel

Warga Sergai Positif Covid -19 Bertambah 2 Orang

pesisirnews.com pesisirnews.com
Warga Sergai Positif Covid -19 Bertambah 2 Orang

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Drs. H. Akmal, AP, MSi (Foto : Istimewa)

Sumatera Utara - Pesisirnews.com - Dua warga Kecamatan Dolok Masihul, Kabupaten Serdang Bedagai, Provinsi Sumatera Utara dinyatakan positif Coronavirus Disease 2019 (Covid -19), keduanya merupakan keluarga AJAS, yang positif mengidap Covid-19 dan meninggal dunia 6 Mei 2020 lalu.


Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Sergai langsung mengambil sampel swab untuk melakukan PCR test terhadap 7 orang yang menjalin kontak dengan korban.


Sesuai informasi yang diperoleh dari hasil koordinasi dengan Kepala Dinas Kesehatan Sergai, dr. Bulan Simanungkalit, M.Kes, disebutkan jika tracing tahap I dilakukan kepada 5 orang dan keesokan harinya dilakukan kembali kepada 2 orang.


Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease (Covid-19), Drs. H. Akmal, AP, MSi mengatakan, "Dari hasil tracing tersebut didapati 2 orang yang positif sedangkan satu orang lagi hasilnya belum keluar. Sedangkan untuk istri dari AJAS diserahkan ke Dinas Kesehatan Kota Medan berhubung berdomisili di Medan Pelabuhan dan telah dilakukan swab namun hasil belum diketahui”.


Sesuai hasil PCR test di RS USU yang dirilis hari ini, Rabu 20 Mei 2020, 2 anggota keluarga AJAS, berinisial EG 9 tahun dan RS, 5 tahun, dinyatakan positif Covid-19 dan saat ini akan dirujuk ke di RS GL Tobing Tanjung Morawa, Kabipaten Deli Serdang, Sumut untuk dilakukan isolasi atau karantina, katanya.


Kepada keempat orang yang dinyatakan negatif dan satu orang yang hasilnya belum keluar, dilakukan isolasi mandiri di rumah dan dinyatakan berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG), setelahnya akan dilakukan sterilisasi dengan proses disinfeksi di lingkungan tempat tinggal para korban, selama 14 hari berturut-turut.


“Selain penyemprotan disinfektan juga akan dilaksanakan tes cepat atau rapid test terhadap seluruh warga sekitaran kediaman korban. Setelah itu warga setempat akan dipantau secara intensif, terutama terhadap masyarakat yang menunjukkan gejala Covid-19, yang dikoordinir.


Masyarakat Sergai dihimbau untuk disiplin menjalankan protokol kesehatan dengan cuci tangan dengan benar menggunakan sabun, pakai masker ketika beraktivitas di luar rumah, konsumsi makanan sehat dan bergizi serta rajin berolahraga untuk meningkatkan imunitas tubuh, bagi warga agar jangan mudik. (Malik)

Penulis: pesisirnews.com

loading...