Artikel

Aplikasi New PLN Mobile: Layanan Listrik yang Mudah Kini dalam Genggaman

Anjar Anjar
Aplikasi New PLN Mobile: Layanan Listrik yang Mudah Kini dalam Genggaman

Manager PT. PLN (Persero) ULP Tembilahan, M. Hosen. (Dokpri) 

TEMBILAHAN, Pesisirnews.com - Listrik merupakan salah satu hasil pemanfaatan kekayaan alam oleh negara yang berperan penting dalam mewujudkan pencapaian tujuan pembangunan nasional.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2009 tentang Ketenagalistrikan, pembangunan sektor ketenagalistrikan bertujuan untuk memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa guna mewujudkan tujuan pembangunan nasional, yaitu menciptakan masyarakat adil dan makmur yang merata materiil dan spiritual berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

PLN sebagai perusahaan milik negara yang diamanatkan Undang-Undang dalam mengelola ketenagalistrikan diberi tanggung jawab agar sumber energi ini dapat dinikmati seutuhnya oleh seluruh rakyat Indonesia.

Dalam mengimplementasikan Undang-Undang Ketenagalistrikan tersebut, PLN terus berinovasi, baik dalam peningkatan kapasitas daya listrik maupun di bidang pelayanannya terhadap masyarakat.

Berbagai bentuk layanan PLN dalam memudahkan urusan pelanggan telah disediakan PLN, misalnya melalui situs www.pln.co.id, Contact Center PLN 123 atau melalui Handphone (Kode Area)+123.

Selain itu, terobosan PLN di bidang pelayanan listrik lainnya adalah dengan menghadirkan platform layanan digital yang bernama aplikasi PLN Mobile.

Sebagai informasi, kehadiran aplikasi PLN Mobile di tengah masyarakat Indonesia saat ini sebenarnya bukanlah sesuatu yang baru karena aplikasi ini sudah diluncurkan pertama kali pada 31 Oktober 2016 lalu, persisnya bertepatan dengan Hari Listrik Nasional ke-71.

Pada 20 Desember 2020, PLN kembali meluncurkan platform layanan digital terbaru yang lebih disempurnakan. Layanan digital terbaru milik PLN ini diberi nama aplikasi New PLN Mobile.

Aplikasi New PLN Mobile menghadirkan fitur dan tampilan baru sebagai platform digital unggulan untuk memenuhi semua kebutuhan pelanggan, memberikan kemudahan serta pengalaman layanan listrik yang berbeda kepada masyarakat.

Apa saja layanan yang tersedia di aplikasi New PLN Mobile?

Aplikasi New PLN Mobile dapat diunduh pada smarthphone Android dan iOS. Adapun fitur-fitur yang terdapat di aplikasi New PLN Mobile seperti yang Pesisirnews.com lihat di Google Play Store yakni:

1. Pengaduan

Pengaduan ini dilengkapi fitur Auto Dispatch, yang memudahkan pelanggan untuk meneruskan laporan langsung ke petugas teknis terdekat yang tersedia (berlaku di beberapa lokasi). Pelanggan juga akan mendapatkan notifikasi terkait kejadian padam di sekitar lokasi maupun rumah, termasuk ketika listrik sudah kembali menyala.

2. Pembayaran langsung dari Aplikasi

Agar semakin mudah dalam membeli token maupun membayar tagihan, PLN Mobile menyediakan fitur pembayaran langsung yang dapat diakses dari aplikasi dengan menggunakan Virtual Account, dompet digital maupun layanan kartu kredit.

3. Pelaporan Catat Meter Mandiri

Untuk mengurangi interaksi petugas ke rumah, PLN akan membantu melaporkan angka stand meter listrik untuk perhitungan tagihan pelanggan.

4. Pengajuan Perubahan Daya

Ketika listrik sering putus karena kurang daya maka pelanggan dapat mengajukan langsung ubah daya lebih mudah dan hanya dalam genggaman.

Halaman :
Penulis: Anjar

Editor: Anjar

mgid.com, 340009, DIRECT, d4c29acad76ce94f
loading...
loading...