Artikel

Gempar! Ilmuwan Temukan Sidik Jari Genetik Spesies Tak Dikenal dalam DNA Manusia

Anjar Anjar
Gempar! Ilmuwan Temukan Sidik Jari Genetik Spesies Tak Dikenal dalam DNA Manusia

Ilustrasi: Neanderthal adalah kerabat terdekat kita yang telah punah dan manusia modern berbagi 99,7 persen DNA mereka. (Kredit: ancientpages.com/Domain Publik)

(Pesisirnews.com) - Selama 30.000 tahun terakhir, hanya dalam sekejap mata evolusi, manusia modern telah menduduki planet ini sebagai satu-satunya perwakilan dari garis keturunan hominin.

Selama bertahun-tahun para ilmuwan bertanya-tanya apakah manusia modern membawa gen dari Neanderthal, dan hari ini kita tahu bahwa telah terjadi aliran gen dari Neanderthal ke manusia modern.

Neanderthal hidup di petak geografis yang luas di seluruh Eropa, Timur Dekat dan Asia Tengah sebelum mati sekitar 30.000 tahun yang lalu. Mereka hidup berdampingan dengan manusia modern secara anatomis, yang berevolusi di Afrika sekitar 200.000 tahun yang lalu.

Catatan arkeologi menunjukkan bahwa Neanderthal mahir membuat alat-alat batu dan mengembangkan beberapa ciri fisik yang secara unik menyesuaikannya dengan iklim yang dingin dan gelap, seperti hidung lebar, rambut tubuh tebal, dan mata besar.

Terbaru, para ilmuwan telah menemukan sidik jari genetik dari spesies yang tidak diketahui dalam DNA manusia.Sidik jari genetik yang tersembunyi di dalam genom manuisa itu adalah jejak materi genetik dari berbagai manusia purba yang sudah tidak ada lagi.

Jejak-jejak ini mengungkapkan sejarah pembauran yang panjang, ketika nenek moyang langsung manusia bertemu dan dikawinkan dengan manusia purba.

Temuan ini sangat penting untuk dipelajari lebih lanjut, bagaimana manusia berevolusi dan bagaimana sebagian besar waktu manusia modern secara anatomis berada di Bumi, dan telah berbagi planet ini dengan spesies manusia lainnya.

Halaman :
Penulis: Anjar

Editor: Anjar

mgid.com, 340009, DIRECT, d4c29acad76ce94f