Artikel

Hari Ibu di Tengah Pandemi Covid-19: Peran Ibu dalam Penguatan Generasi Penerus Bangsa

Anjar Anjar
Hari Ibu di Tengah Pandemi Covid-19: Peran Ibu dalam Penguatan Generasi Penerus Bangsa

Ilustrasi: (Int)

Catatan Redaksi

Pesisirnews.com - Hari ini, Selasa 22 Desember 2020, bangsa Indonesia memperingati Hari Ibu yang ke-92 tahun sejak awal diperingati pada tahun 1938.

Hari Ibu pada tahun ini diperingati dalam suasana penuh keprihatinan di mana seluruh dunia masih mengalami bencana kesehatan global karena pandemi Covid-19.

Dalam catatan sejarah, dunia sudah beberapa kali mengalami bencana kesehatan global karena pandemi. Salah satu di antara pandemi yang terjadi di masa lalu adalah flu Spanyol, di mana pandemi yang tejadi pada 1918-1920 ini diperkirakan telah membunuh lebih dari 50 juta jiwa di seluruh dunia, dan menjadikannya salah satu pandemi paling mematikan dalam sejarah manusia.

Seabad kemudian, tepatnya di pengujung bulan Desember 2019, masyarakat dunia kembali mengalami bencana kesehatan global berupa pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga kini.

Korbannya pun tak tanggung-tanggung. Menurut data dari worldometers, ada lebih dari 77 juta orang diseluruh dunia terinveksi virus corona dengan total angka kematian lebih dari 1,7 juta jiwa.

Namun sepertinya pengalaman dari masa lalu itu belum cukup membuat masyarakat dunia bersiap terhadap serangan wabah penyakit menular yang kemungkinan bisa terulang kembali.

Ketidaksiapan menghadapi pandemi ini tidak hanya berlaku di negara-negara ekonomi lemah atau berkembang, di negara-negara maju pun banyak yang mengalami kepanikan ketika pandemi Covid-19 melanda negaranya.

Halaman :
Penulis: Anjar

Editor: Anjar

loading...