Artikel

Kontroversi Usia Jeanne Louise Kalman, Wanita Tertua di Bumi yang Gemar Merokok


Kontroversi Usia Jeanne Louise Kalman, Wanita Tertua di Bumi yang Gemar Merokok

Jeanne Louise Kalman. (Foto via zajenata.bg)

“Jeanne Louise Calment telah mengalami sejumlah peristiwa besar dalam hidupnya seperti Perang Dunia I dan Perang Dunia II, serta sejumlah peristiwa bersejarah lainnya”

Pesisirnews.com - Jeanne Louise Calment (Kalman) adalah seorang supercentenarian (seseorang yang telah hidup atau melewati ulang tahun ke-110) asal Prancis yang memiliki umur terpanjang dalam sejarah manusia modern. Dia hidup sampai usia 122 tahun, 164 hari.

Kalman kelahiran 21 Februari 1875, tinggal di Arles, Prancis. Sepanjang hidupnya, dia hidup lebih lama dibanding kedua putri dan cucunya selama beberapa dekade.

Wanita yang meninggal pada 4 Agustus 1997 ini telah mengalami sejumlah peristiwa besar dalam hidupnya seperti Perang Dunia I dan Perang Dunia II, serta sejumlah peristiwa bersejarah lainnya.

Menurut berbagai sumber, rahasia umur panjang Kalman terletak pada gaya hidupnya yang suka berolahraga dan diet yang dia lakukan.

Namun dia juga punya kegemaran yang dianggap bertentangan dengan gaya hdup sehatnya.

Menurut situs Bulgaria zajenata.bg, yang memuat kisah kehidupannya, Kalman merupakan seorang wanita yang gemar merokok, dan makan coklat hampir 1kg seminggu. Kebiasaan ini masih suka dia lakukan, bahkan hingga dia telah berusia renta.

Tetapi, dibalik kisah hidupnya yang mendunia, kebenaran mengenai umur panjang Kalman juga menjadi pembahasan yang kontroversial dari sejumlah kalangan.

Halaman :
Penulis:

Editor: Anjar