Artikel

Lulusannya Dijamin Tajir Melintir, Ini Sederet Jurusan Kuliah Termahal

pesisirnews.com pesisirnews.com
Lulusannya Dijamin Tajir Melintir, Ini Sederet Jurusan Kuliah Termahal

Ilustrasi: Trik bagi kamu yang ingin masuk jurusan desain(KakderaNewd.com/ist.)

Jakarta,PESISIRNEWS.COM- Salah satu pertimbangan untuk memilih jurusan pada perguruan tinggi adalah biaya kuliah. Sekian banyak jurusan ada beberapa jurusan yang harus ditebus dengan biaya yang mahal.Rincial biaya kuliah biasanya terdiri dari berbagai pos mulai dari UKT, uang gedung, pratikum, SKS, registrasi ulang, dan jebutuhan lain yang sifatnya trivial.

Dilansir dari sindonews mengutip laman Universitas Pasundan diunpas.ac.id,besaran biaya kuliah ini pun berbeda, tergantung program studi dan universitasnya. Sehingga ada beberapa jurusan yang terbilang mahal.

Berikut ini 5 diantaranya:

1. Kedokteran

Kedokteran bisa dibilang menjadi salah satu jurusan yang membutuhkan banyak biaya. Bisa puluhan bahkan sampai ratusan juta rupiah. Adanya kebutuhan alat pembelajaran dan pratikum bisa menjadi alasan mengapa biaya kuliah kedokteran mahal. Jurusan kuliah pertama yang membutuhkan banyak biaya adalah kedokteran, yakni puluhan sampai ratusan juta rupiah. Salah satu alasan adalah alat pembelajaran dan pratikum yang jumlahnya tidak sedikit dengan harga yang mahal.

Misalnya untuk pratikum bedah anatomi saja, mahasiswa kedokteran perlu menggunakan kadaver (mayat) yang harganya bisa mencapai jutaan rupiah. Ada juga alat lain yang hanya bisa digunakan sekali pakai, seperti jarum suntik. Tidak heran kalau kedokteran sering dianggap sebagai salah satu jurusan termahal.

2. Penerbangan (Aviasi)

Jurusan dengan biaya paling mahal berikutnya ialah Penerbangan (Aviasi) yang bisa menjadi target calon mahasiswa yang ingin menjadi pilot. Uang kuliah di kampus-kampus aviation semacam ini berkisar di angka Rp500-800 juta. Namun dengan biaya kuliah yang tinggi itu fasilitas yang akan didapat mahasiswa juga sepadan. Sebab selama pendidikan, mahasiswa (taruna) akan menjalani praktikum berupa simulasi penerbangan serta sertifikasi yang akan memakan anggaran cukup besar.
Halaman :
Penulis: pesisirnews.com