‚úē
Artikel

MAHASISWA KUKERTA BALEK KAMPUNG UNRI MENGENALKAN ADAPTASI PENGAJARAN MODEL DALAM JARINGAN

pesisirnews.com pesisirnews.com
MAHASISWA KUKERTA BALEK  KAMPUNG UNRI MENGENALKAN ADAPTASI PENGAJARAN MODEL DALAM JARINGAN


Desa sorekdua‚Ä"Pada tanggal 27 juli 2020 Tim Mahasiswa KUKERTA Balek Kampung Universitas Riau melakukan presentasi secara langsung mengenai edukasi pembelajaran dalam jaringan (daring) di SMPN Sorek Dua, Pelalawan yang di sampaikan kepada murid, perwakilan osis berserta guru yang berada di salah satu sekolah di Desa Sorek Dua.


Kegiatan presentasi mengenai edukasi pembelajaran dalam jaringan (daring) yang dilaksanakan ini sebelumnya telah mendapatkan persetujuan dengan pihak sekolah. Beberapa hal yang telah dipersiapkan dalam pelaksanaan kegiatan presentasi ini yaitu seperti menyiapkan bahan materi yang akan dimuat kedalam slide power point yang akan dipresentasikan. Penyiapan materi untuk presentasi tersebut sangat penting, karena hal ini harus dikemas dengan baik dan tepat, agar nantinya saat mempresentasikan tentang edukasi pembelajaran dalam jaringan (daring) pihak-pihak terkait yaitu murid dan guru dapat dengan mudah memahami materi tersebut.


Bahan-bahan materi yang akan dijelaskan antara lain mengenai penjelasan tentang latar belakang aplikasi pembelajaran dalam jaringan (daring) seperti google classroom dan aplikasi zoom, serta panduan cara penggunaan aplikasi google classroom dan zoom tersebut. Kegiatan presentasi ini berjalan dengan lancar, siswa dan guru Smpn sorek dua dapat memahami cara penggunaan aplikasi yang telah disampaikan. Tujuan dari diadakannya kegiatan ini adalah karna pada saat ini pembelajaran jarak jauh saat ini merupakan suatu solusi yang di berikan pemerintah di tengah pendemi virus covid-19. Sistem pembelajaran jarak jauh sebenarnya ada dua metode yaitu pembelajaran luar jaringan dan pembelajaran dalam jaringan (daring).


Metode dalam jaringan ini yaitu sistem pembelajaran dalam jaringan (daring) yang merupakan suatu sistem pembelajaran yang menggunakan basis internet, seperti melalui beberapa aplikasi online antara lain classroom, google meet, zoom dan lain sebagainya. Aplikasi classroom dan zoom ini merupakan aplikasi yang mudah untuk digunakan dalam pembelajaran jarak jauh dengan sistem dalam jaringan (daring). Karna kebijakan sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ) ini merupakan suatu upaya yang dilakukan pemerintah agar dapat mencegah atau membatasi penularan virus covid-19, karena virus covid-19 ini dapat menular dengan cepat melalui adanya kontak langsung dengan seseorang yang telah terinfeksi virus covid-19 tersebut. Sehingga kegiatan yang bertatap muka secara langsung ditiadakan.


Serta dengan adanya penyampaian materi tentang edukasi pembelajaran dalam jaringan ini bisa dimengerti oleh guru dan murid. Sehingga memudahkan juga antara guru dan murid yang mau berkomunikasi kepada murid yang bersangkutan bisa dilakukan dengan cara chat yang sudah tersedia di zoom maupun classroom, lalu proses tugas,diskusi pembelajaran yang dilakukan oleh murid. Pendidikan Online (daring) sistem jarak jauh menggunakan jaringan koneksi internet yang dimana jauh menjadi dekat, fleksibel,mandiri,efisiensi,hemat waktu ke tempat pendidikan cukup login akses link yang sudah tersedia oleh sekolah, sistem ini sebuah inovasi dan teknologi jarak jauh menjadi dekat,mudah dan kapan saja mengaksesnya, untuk itu program kegiatan pengenalan pengajaran model daring menjadi hal yang sangat penting dalam wabah pandemi covid-19 oleh kukerta balek kampung unri desa sorek dua, pangkalan kuras, pelalawan.

Penulis: pesisirnews.com

loading...