Artikel

Menumbuhkan Nilai Karakter Siswa dengan Pembiasaan Membaca Al-Quran Melalui Metode AKSI KELAPA

Anjar Anjar
Menumbuhkan Nilai Karakter Siswa dengan Pembiasaan Membaca Al-Quran Melalui Metode AKSI KELAPA

Ilustrasi: Pelaksanaan pembiasaan membaca Al-Quran di kalangan siswa. (dokpri.)

Oleh: Syarifuddin, SP.,S.Pd.,M.Pd


Pesisirnews.com - Di era globalisasi ini masyarakat Indonesia dihadapkan pada tantangan kehidupan yang semakin kompleks. Globalisasi dan kemajuan teknologi telah membuat hilangnya batas informasi, dimana semua budaya asing sangat mudah masuk ke Indonesia dan memengaruhi gaya hidup para generasi penerus bangsa.

Menyikapi dinamika tersebut, maka bangsa kita perlu menerapkan pendidikan yang berkarakter, yang berlandaskan Pancasila sehingga melahirkan generasi yang pancasilais.

Globalisasi telah melakukan pergeseran pada tujuan pendidikan nasional dalam mencerdasarkan kehidupan bangsa karena globalisasi berfokus untuk menghasilakan lulusan yang menguasai scentia.

Mengutip Saksono (2010:76), penguasaan scientia dinilai mengarahkan murid kepada hasil yang bersifat pragmatis dan materialis karena kurang membekali murid dengan semangat kebangsaan, semangat keadilan sosial, serta sifat-sifat kemanusiaan dan moral luhur sebagai warga negara.

Oleh karena itu, pendidikan di Indonesia semestinya dapat mempersiapkan siswa menjadi warga negara yang memiliki komitmen yang kuat dan konsisten agar dapat memajukan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Komitmen yang kuat dan konsisten terhadap prinsip dan semangat kebangsaan perlu terus menerus ditingkatkan dengan memberikan pemahaman yang mendalam tentang Negara Kesatuan Republik Indonesia di dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, sebagaimanana yang terdapat pada sila-sila Pancasila dan yang diamanatkan dalam UUD 1945.

Halaman :
Penulis: Anjar

Editor: Anjar

loading...