Artikel

Pemerintah Akan Menyalurkan Bantuan Sosial(Bansos) Pada Awal Januari 2021

pesisirnews.com pesisirnews.com
Pemerintah Akan Menyalurkan Bantuan Sosial(Bansos) Pada Awal Januari 2021

Mensos RI Tri Rismaharini saat ditemui di Surabaya, Jumat (25/12/2020). Risma akan membuat gebrakan pada tahun 2021 tentang Bansos COVID-19 yang akan bikin nyaman penerimanya.


JAKARTA,PESISIRNEWS.COM - Pemerintah akan mulai menyalurkan berbagai bantuan sosial(bansos) baik reguler maupun nonreguler kepada masyarakat pada awal Januari 2021 kata Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini.

Misalnya saja, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) akan disalurkan ke 18,8 juta penerima dengan besaran Rp200 ribu per bulannya.

"Itu akan diberikan mulai Januari sampai dengan Desember (2021)," katanya saat jumpa pers secara virtual di Kantor Presiden, Selasa (29/12/2020).

Kemudian untuk Bantuan Sosial Tunai (BST) jumlah penerimanya sebanyak 10 juta di Indonesia, termasuk warga terdampak pandemi Covid-19 di Jabodetabek. Penyalur bantuan jenis ini yakni PT Pos. Bansos ini akan disalurkan selama empat bulan, mulai Januari hingga April 2021.

"Jadi tidak utuh selama satu tahun seperti program PKH. Karena itu sekali lagi kami juga akan lakukan kontrol untuk pembeliannya. Kami akan buatkan edaran untuk belanja apa saja yang bisa digunakan," ucap Risma.

Risma menambahkan, untuk jenis bantuan reguler Program Keluarga Harapan (PKH) akan diberikan ke 10 juta penerima manfaat di 2021. Penyalur bantuan ini adalah Himpunan Bank Milik Negara (Himbara). Bantuan ini akan diberikan tiap tiga bulan sekali, dimulai pada Januari 2021.

"Ini akan diberikan mulai bulan Januari sampai dengan, selama setiap tiga bulan sekali. Tahap pertama Januari, tahap kedua bulan April, tahap ketiga bulan Juli dan tahap keempat bulan Oktober," tutup dia(Okezone)


Penulis: pesisirnews.com