Artikel

Sosok Letkol Laut(P) Heri Oktavian Komandan Kapal Selam KRI Nanggala 402

Pesisirnews.com Pesisirnews.com
Sosok Letkol Laut(P) Heri Oktavian Komandan Kapal Selam KRI Nanggala 402

Letkol Laut Heri Oktavian komandan Kapal Selam KRI Nanggala yang hilang di selat Bali.

PESISIRNEWS.COM - Letkol Laut (P) Heri Oktavian adalah satu dari 53 nama prajurit TNI yang terjebak dalam kapal selam KRI Nanggala-402 milik TNI Angkatan Laut yang hilang kontak sejak Rabu (21/4) pagi.

Heri bukan prajurit biasa, dia diberi mandat menjadi komandan kapal buatan Jerman yang telah beroperasi sejak 1981 tersebut.

Menilik jejak karier Heri melalui unggahan di situs resmi milik TNI, pelantikan sebagai Komandan KRI Nanggala-402 dilakukan pada 2020 lalu. Heri tak langsung didaulat menjadi komandan dari salah satu dari lima kapal selam Indonesia.

Sebelumnya dia pernah pula menduduki jabatan lain.

Karier Heri dimulai saat dia menjabat Komandan Sekolah Awak Kapal Selam (Dansekasel) Pusat Pendidikan Khusus (Pusdiksus). Jabatan itu dia sejak November 2019 dan berakhir saat dia dipercaya memegang Kapal Selam KRI Nanggala tahun lalu.

Heri tercatat menangguk sejumlah prestasi, salah satunya yakni keberhasilannya selama memimpin Sekolah Awak Kapal Selam (Sekasel) itu.

Komandan Sekasel adalah unsur pelaksana di lingkungan Pusat Pendidikan Khusus (Pusdiksus) yang bertugas membantu Komandan Pusdiksus menyelenggarakan pendidikan pengembangan profesi lingkup sekolah yang bersangkutan.

Heri juga pernah melaksanakan pendidikan Sekolah Staf dan Komando (Sesko) TNI di Jerman.

Hubungannya dengan KRI Nanggala dimulai pada 3 April tahun lalu.

Kala itu Heri yang berpangkat Letkol Laut diangkat sebagai Komandan KRI Nanggala-402. Sosoknya dikenal cekatan.

Di KRI Nanggala-402 dia boleh dikenal sebagai komandan, tapi saat kembali ke rumah, Heri merupakan sosok bapak bagi dua anaknya.(CNNIndonesia)


Penulis: Pesisirnews.com