Artikel

Studi Terbaru: Inilah 10 Kota Teraman di Dunia Tahun 2021 untuk Didiami

Anjar Anjar
Studi Terbaru: Inilah 10 Kota Teraman di Dunia Tahun 2021 untuk Didiami

Ilustrasi: Kopenhagen (Denmark) dinobatkan sebagai kota teraman di dunia tahun 2021 untuk pertama kalinya. (Gambar: Pixabay)

Pesisirnews.com - Hasil survei terbaru yang dilakukan oleh Economist Intelligence Unit (EIU) terhadap kota mana yang paling aman di dunia untuk ditinggali pada tahun 2021 menobatkan ibu kota Denmark, Kopenhagen, sebagai kota teraman di dunia untuk pertama kalinya.

Dilansir dari india.com, studi tersebut memperhitungkan 60 kota dengan 76 indikator di seluruh sektor digital, kesehatan, keamanan pribadi, lingkungan, infrastruktur, dan memberi skor dari 100.

Dalam studi lima pilar keamanan perkotaan yang mencakup digital, kesehatan, infrastruktur, pribadi dan lingkungan, Kopenhagen mendapat 82,4 poin dari 100.

Dengan pengumuman ini, Kopenhagen menggulingkan Tokyo dan Singapura, yang biasanya menjadi pesaing dalam perolehan hasil indeks.

Setelah Kopenhagen, berikutnya Toronto di posisi kedua, sementara Singapura berada di posisi ketiga, menurut laporan EIU.

Sementara pada survei yang dilakukan pada 2019, Tokyo menempati posisi teratas, Singapura menempati urutan kedua, sedangkan Osaka, Jepang, berada di urutan ketiga.

Tahun ini, Kopenhagen, Toronto, dan Singapura merebut posisi tiga besar.

Laporan tersebut menyatakan bahwa pandemi Covid-19 telah secara drastis mengubah konsep keamanan perkotaan, menjadikan keamanan digital lebih penting ketika bisnis mulai semakin bergerak menuju platform online.

Pandemi dan krisis kesehatan selanjutnya mengakibatkan pergeseran kota-kota teraman di dunia.

Ini menjelaskan bahwa pandemi virus corona juga telah mengubah cara pengukuran keamanan infrastruktur, karena kebiasaan transportasi dan utilitas yang berubah.

Halaman :
Penulis: Anjar

Editor: Anjar