Artikel

Ternyata Begini Cara Orang Mesir Kuno Membuat Mumi Tubuh


Ternyata Begini Cara Orang Mesir Kuno Membuat Mumi Tubuh

Ilustrasi: Mumi Ramses IV dari Mesir kuno. (Int)

(Pesisirnews.com) - Mumifikasi atau proses pengawetan jenazah manusia yang paling umum diketahui berasal dari peradaban Mesir Kuno.

Meski demikian, sebenarnya muifikasi juga terdapat di berbagai kebudayaan kuno lainnya seperti Suku Inca di Peru, Afrika, dll, bahkan juga ada mumifikasi di Indonesia, seperti yang dilakukan di mayarakat adat Toraja dan Papua.

Temuan mumi paling awal yang diketahui berdasarkan penelitian berasal dari 3000 SM dari Mesir. Rekor sebagai mumi tertua dari Mesir ini pada perkembangan selanjutnya digantikan oleh temuan mumi yang berasal dari Cili berusia 7.000 tahun.

Mumi yang berasal dari Cili ini bernama mumi Chinchorro yang usianya 2.000 tahun lebih tua dari mumi Mesir yang lebih terkenal.

Dalam temuan selanjutnya, ternyata tidak hanya jenazah manusia yang dimumifikasi, tetapi ada juga tubuh hewan yang dimumifikasi, yang ditemukan pada mumi anjing di El Faiyum, sebuah oasis 80 kilometer dari Kairo pada Januari 2020.

“Itu adalah cara menghormati hewan peliharaan,” jelas sejarawan Julio Gralha dari Universitas Negeri Rio de Janeiro, mengutip historicaleve.com.

Halaman :
Penulis:

Editor: Anjar