Daerah

Babinsa Koramil 05/Rupat Libatkan MPA dalam Patroli dan Sosialisasi Dampak Negatif Karhutla

Anjar Anjar
 Babinsa Koramil 05/Rupat Libatkan MPA dalam Patroli dan Sosialisasi Dampak Negatif Karhutla

RUPAT, Pesisirnews.com - Dalam situasi pandemi Covid-19 Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 05/Rupat, Serda Hamdoko, dibantu oleh dua orang dari Masyarakat Peduli Api (MPA), melaksanakan Patroli Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) dan sosialisasi pada warga akan dampak negatif dari terjadinya Karhutla di Desa Darul Aman Kec. Rupat selaku wilayah binaan pada Minggu, (10/1/2021).

"Patroli Karhutla yang dilaksanakan Babinsa bersama MPA, adalah salah satu bentuk kegiatan yang dilakukan secara rutin, dimana hal tersebut merupakan salah satu bentuk kepedulian untuk menjaga kelestarian alam secara bersama-sama.

“Mari bersama kita jaga agar alam kita lestari,” himbau Kapten Inf Sagino selaku Danramil 05/Rupat melalui Sertu Handoko.

Dalam pelaksanaan kegiatan patroli karhutla yang dilakukan oleh tim gabungan ini menitik beratkan daerah yang rawan kebakaran, dimana sebagian wilayah Desa Darul aman terdiri dari lahan gambut dan ditumbuhi ilalang.

Dengan kondisi alam tersebut akan memudahkan terjadi kebakaran hutan dan lahan apalagi didukung faktor alam dan manusia sekelilingnya. Karhutla juga dapat terjadi disebabkan oleh faktor manusia baik secara sengaja maupun tidak sengaja membakar lahan.

"Kelangsungan kelestarian alam yang ada adalah tugas dan tanggung jawab kita bersama. Oleh karena itu saya menghimbau dan mengajak kepada masyarakat untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar karena hal tersebut akan dapat merugikan semua pihak, apalah lagi belakangan ini pemerintahan lagi fokus untuk menangani permasalahan pandemi Covid-19,” ujar Sertu Handoko. (Budi)

Penulis: Budi Haryanto

Editor: Anjar

loading...