• Home
  • Daerah
  • 1,5 Ton Rendang Sumbar Besok Dikirim untuk Korban Tsunami Selat Sunda

1,5 Ton Rendang Sumbar Besok Dikirim untuk Korban Tsunami Selat Sunda

Zanoer Kamis, 27 Desember 2018 16:21 WIB

Besok rendang asal Sumbar dikirim kepada korban tsunami. (Foto:Jawapos)

PADANG-Pemerintah Provinsi Sumatera Barat segera mengirim kuliner khas yang mampu bertahan lama, yakni rendang siap saji. Ini merupakan bantuan bagi korban tsunami di Selat Sunda. Kuliner terlezat dunia versi CNN Travel itu, sudah terkumpul 1,5 ton dan segera dikirim.

Sesuai rencana, rendang siap saji ini akan dikirim, Jumat (28/12/2018) besok. Rendang akan didistribusikan ke beberapa posko pengungsian korban tsunami di Banten dan Lampung melalui jalur darat. Rendang tersebut, merupakan bantuan dari 53 instansi di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat.

Meski demikian, angka itu berkemungkinan masih terus bertambah. Saat ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Barat masih membuka posko penerimaan sumbangan rendang. Tidak hanya dari instansi, setiap masyarakat juga dapat menyumbangkan rendang meski semampunya.

"Rendang ini merupakan bantuan dari Sumatera Barat. Hingga esok pagi masih kita terima sumbangan dari instansi maupun masyarakat. Sudah 1,5 ton yang terkumpul. Namun, kita masih menerima sumbangan rendang baik itu dari individu yang bekerja di intansi pemerintahan, sawasta, maupun masyarakat umum. Melalui jalur darat, karena kalau jalur udara, prosedurnya sangat banyak," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Sumbar Rumainur, Kamis (27/12/2018) siang.

Selain rendang, pihaknya menerima sumbangan dalam bentuk lain seperti pakaian, makanan bayi atau kebutuhan lainnya. Seluruh bantuan ini, termasuk rendang nantinya akan disalurkan langsung di lokasi bencana atau posko yang ada. Selain tahan lama, rendang menurut Rumainur, memiliki kandungan gizi yang cukup banyak.

Terkait alokasi dana khusus untuk bantuan rendang, Rumainur menyebutkan jika pihaknya masih mempertimbangkan kemungkinan-kemungkinan usulan untuk mengalokasi dana yang nantinya bisa digunakan setiap saat untuk membeli bahan dan membuat rendang itu.

Namun, kata Rumainur, dengan bantuan dari instansi dan masyarakat, rendang sudah dapat dikumpulkan dalam jumlah yang cukup banyak. Ditambah lagi, BNPB juga sudah memiliki logistik kemasan rendang siap saji.(*)
Loading...
Sumber: Fokusriau.com

Tags Pemkab InhilPenembakanPerbatasanPerceraian

Berita Terkait

Komentar

Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.

FB Comments