Daerah

499 Anggota Pramuka Ikuti Perkemahan Besar


499 Anggota Pramuka Ikuti Perkemahan Besar
Foto: dika
Pembukaan Pramuka sempena HUT Pertamina ke-58
DUMAI, PESISIRNEWS.COM – Sebanyak 499 anggota Pramuka tingkat Penggalang dan Penegak dijajaran Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kota Dumai dan Kabupaten Rokan Hilir mengikuti kegiatan Perkemahan Besar (PB) Pramuka yang dilaksanakan di Bumi Perkemahan Pramuka Gugus Depan (Gudep) 07005-07006 areal komplek perumahan Pertamina Bukit Datuk, Dumai Selatan.

Kegiatan Perkemahan Besar Pramuka dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 26 hingga 27 Desember 2015, dalam rangka menyemarakan hari ulang tahun (HUT) ke-58 Pertamina secara resmi PB Pramuka dibuka oleh Ketua Kwarcab Pramuka Kota Dumai Drs Amiruddin yang ditandai dengan pelepasan burung Merpati secara serentak oleh Ketua Kwarcab Pramuka Dumai Drs Amiruddin, perwakilan GM Pertamina RU II Dumai J Edwar, Ketua Gudep 07005-07006 Syafrizal, dan wakil Ketua Kwarcab Pramuka Dumai H. Muhammad Aspen Simanjuntak serta ditandai dengan penyematan tanda peserta.

Pembukaan Perkemahan Besar Pramuka tahun 2015 itu, turut dihadiri sejumlah jajaran pengurus Kwarcab Pramuka Kota Dumai seperti kak Hidayattullah, kak Sudibyo, dan kak Oktal. Selain itu juga hadir ketua Kwarran Dumai Timur kak Alamsyah, dan ketua Kwarran lainnya.

Ketua panitia pelaksanakan kegiatan, Mamat Suhendar mengatakan, bahwa PB Pramuka hampir setiap tahun digelar dalam rangka menyemarakan HUT Pertamina di Gugus Depan 07005-07006 Bukit Datuk yang berpangkalan di komplek perumahan Pertamina RU II Dumai bagi Pramuka tingkat Penggalang dan Penegak di jajaran Kwarcab Pramuka Kota Dumai dan sekitarnya.

“ Kegiatan ini dilaksanakan sebagai wujud kepedulian PT Pertamina dalam pembinaan generasi muda melalui gerakan Pramuka,” katanya.

Perkemahan Besar Pramuka sempena HUT Pertamina ke 58 tahun 2015 yang bertemakan “ Inspirasi Bagi Pertamina dan Gerakan Pramuka Menuju Indonesia Mendunia serta dengan  Motto Satyaku kudarmakan - darmaku kubaktikan”. Pesertanya berasal dari 21 pangkalan gugus depan (Gudep) dari Kwarcab pramuka Kota Dumai dan Kabupaten Rokan Hilir dengan jumlah keseluruhan peserta sebanyak 499 orang.

“ 499 orang peserta itu terdiri 125 anggota Pramuka tingkat penggalang putra, 129 penggalang putri, 98 penegak putra, 101 penegak putri, 24 pembina pendamping putra, dan 22 pembina pendamping putri serta didukung oleh panitia berjumlah 31 orang pembina dan 47 orang pramuka penegak,“ urai Mamat.

Perkemahan yang digelar ini, kata Mamat, bertujuan untuk memupuk rasa persahabatan, persaudaraan, persatuan, dan perdamaian. Disamping itu, untuk membina dan mengembangkan sikap teguh, displin, mandiri, peduli dan bertanggungjawab. – membangun jiwa patriotisme, dan nasionalisme. – membangun rasa cinta alam, dan memeriahkan HUT ke 58 Pertamina Tahun 2015.

Menurut Mamat, kegiatan perkemahan diisi dengan berbagai kegiatan lomba. Antaranya, lomba PBB, teknik kepramukaan, pentas seni serta lomba Hiking. Bagi pemenang setiap lomba akan diberikan hadiah berupa piala, dan panitia telah menyediakan 52 piala untuk masing-masing juara I, II, dan III serta 6 Piala umum.

“ Kegiatan perkemahan ini juga akan memperebutkan piala bergilir Pramuka Penggalang dan Penegak. Dimana pada tahun 2014 lalu, piala bergilir tersebut diraih oleh Pramuka SMP Negeri 2 Dumai dan Pramuka SMAN 1 Dumai,” paparnya.

Di kesempatan itu, Mamat Suhendar, menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak terutama kepada Gudep-Gudep Pramuka dari Kwarcab Pramukan Kota Dumai dan Rokan Hilir dan Management PT Pertamina RU II Dumai atas peranserta dan dukungan yang telah diberikan sehingga kegiatan perkemahan dapat terselenggara dengan baik.

Terakhir, Ia berpesan kepada semua peserta untuk selalu memegang teguh kedisplinan, kepedulian pada lingkungan serta menjalin persaudara antara sesama.

Sementara, General Manager (GM) PT Pertamina RU II Dumai, yang diwakili J. Edwar mengatakan, kegiatan perkemahan besar pramuka yang diselenggarakan menunjukkan bahwa perusahaan Pertamian tetap komit dan senantiasa mendukung gerakan pembinaan generasi muda untuk menciptakan pemuda yang berkarya, kreatif, dan displin sehingga mampu menciptakan generasi muda yang siap untuk mendunia.

Hal ini sejalan dengan tema peringatan HUT Pertamina ke 58 tahun ini yakni “Inspirasi Bagi Pertamina dan Gerakan Pramuka Menuju Indonesia Mendunia” maknanya adalah Pertamina hadir dalam kegiatan perkemahan Pramuka sempena HUT ke-58 Pertamina tahun 2015.

Ketua Kwarcab Pramuka Kota Dumai Drs Amiruddin mengharapkan, agar kegiatan yang digelar itu dapat menciptakan generasi yang visioner serta generasi yang mampu menjawab tantangan zaman.

Dimana pada saat ini banyak generasi muda dihadapkan dengan berbagai tantangan, baik itu tantangan kehidupan social, ekonomi maupun politik.

“ Untuk itu, melalui kegiatan perkemahan besar ini mari kita bangun kepribadian generasi muda kita suapaya dapat mandiri dan siap berubah kearah yang lebih baik,” ajaknya.

Amiruddin juga mengharapkan, kegiatan yang didukung oleh Pertamina RU II Dumai ini harus dilakukan secara rutin dan dan mengajak seluruh Kwartir Ranting (Kwarrran) Parmuka yang ada di Kota Dumai untuk memanfaat Bumi Perkemahan (Buper) Muda Kirana Kwarcab Pramuka Dumai yang terletak di jalan Perwira Bagan Besar. Karena Buper Muda Kirana sudah dibangun berbagai sarana dan prasana, termasuk pendopo masing-masing Kwarran.

Ketua Kwarcab berpesan kepada seluruh anggota pramuka agar menjadikan kegitan perkemahan sebagai ajang untuk menimba ilmu pengetahuan dan meningkatkan kreatif.

“ Jadikanlah kegiatan ini sebagai ajang tempat menimba ilmu pengetahuan sebagai modal untuk kita melangkah kearah yang lebih baik lagi kedepannya. Berbuatlah sebaik mungkin demi masa depan yang maju dan sejahtera,” pintanya.

Terakhir Ia menambahkan, bahwa kita harus bangga menjadi anggota Pramuka karena kegiatan pramuka adalah kegiatan yang sangat positif.

“ Saya berharap kepada anggota-anggota Pramuka dapat menekuni kegiatan-kegiatan kepramukaan ini dengan baik dan terus ditingkatkan,” tutupnya.

Cari berita terkait lainnya. Silahkan Klik DISINI / DISINI



 (dcp)

Penulis: