• Home
  • Daerah
  • Rohil
  • Akreditasi RSU Indah Selesai, Hanya Tinggal Menunggu Hasil Penilaian KAR

Akreditasi RSU Indah Selesai, Hanya Tinggal Menunggu Hasil Penilaian KAR

Pesisirnews.com Jumat, 18 Oktober 2019 12:42 WIB
Bagan Batu - Rumah Sakit Umum Indah Bagan Batu sejak 14 Oktober akhirnya Kamis, 16 Oktober 2019 rampung proses penilaian Akreditasi. Saat ini hanya tinggal menunggu hasil dari KARS (Komisi Akreditasi Rumah Sakit).

Hal itu diungkapkan Manager RSU Indah Riyadi SH kepada sejumlah awak media usai proses penilaian Akreditasi terakhir, Kamis (16/10) petang tadi di RSU Indah Jalan Lintas Riau-Sumut KM 2 Bagan Batu, Kelurahan Bahtera Makmur Kota Kecamatan Bagan Sinembah.

Riyadi menjelaskan proses akreditasi itu merupakan langkah yang harus dilaksanakan RSU Indah guna meningkatkan mutu pelayanan kesehatan rumah sakit kepada masyarakat.

"Dan kita berharap dengan akreditasi ini hasilnya lulus dan masyarakat khususnya Bagan Batu sekitarnya bisa kembali berobat dengan kepesertaan BPJS Kesehatan," ungkapnya.

Dikatakan Riyadi, akreditasi adalah pengakuan terhadap rumah sakit yang diberikan oleh lembaga independen penyelenggara akreditasi yang ditetapkan oleh menteri kesehatan, setelah dinilai bahwa rumah sakit itu memenuhi standar pelayanan yang berlaku untuk meningkatkan mutu pelayanan rumah sakit secara berkesinambungan.

Diterangkannya, rumah sakit wajib melakukan akreditasi dalam upayanya meningkatkan mutu pelayanan secara berkala setiap 3 (tiga) tahun sekali.

Hal itu menurutnya lagi tercantum dalam undang-undang nomor 44 tahun 2009 tentang Rumah Sakit, pasal 40 ayat 1 yang menyatakan bahwa dalam upaya peningkatan mutu pelayanan rumah sakit wajib dilakukan akreditasi secara berkala menimal 3 (tiga) tahun sekali.

"Jadi Akreditasi ini wajib bagi semua rumah sakit baik rumah sakit pemerintah maupun rumah sakit swasta atau BUMN," tandasnya.

Oleh karenanya ia berharap akreditasi Rumah Sakit Umum Indah lulus dengan hasil yang memuaskan sehingga masyarakat tidak perlu jauh-jauh lagi untuk berobat khususnya bagi peserta BPJS Kesehatan untuk Fasilitas Kesehatan tingkat II (Dua) di Bagan Batu sekitarnya.

"Mudah-mudahan hasilnya memuaskan dan masyarakat dapat berobat dengan kepesertaan BPJS Kesehatan," harapnya. (Budiman)
Tags Pemkab Inhilwanita

Berita Terkait

Komentar

Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.

FB Comments